Berita Musirawas

Bangun Motivasi Anak Membaca Buku, Hendra Gunawan Launching Program Gernas Baku

Launching program Gernas Baku ini dilaksanakan di Sekolah Dasar (SD) Trans Bangdep Desa Megang Sakti III Kecamatan Megang

Bangun Motivasi Anak Membaca Buku, Hendra Gunawan Launching Program Gernas Baku
Dok Humas Pemkab Musirawas
Guna membangun motivasi dan menimbulkan kesadaran anak dalam membaca buku, Bupati Musirawas H Hendra Gunawan melaunching program Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku (Gernas Baku), di Sekolah Dasar (SD) Trans Bangdep Desa Megang Sakti III Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musirawas, Sabtu (5/5/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ahmad Farozi

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - Guna membangun motivasi dan menimbulkan kesadaran anak dalam membaca buku, Bupati Musirawas H Hendra Gunawan melaunching program Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku (Gernas Baku).

Launching program Gernas Baku ini dilaksanakan di Sekolah Dasar (SD) Trans Bangdep Desa Megang Sakti III Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musirawas, Sabtu (5/5/2018).

Launching program Gernas Baku ini dilakukan langsung oleh H Hendra Gunawan dengan dihadiri Ketua TP PKK Musirawas Hj Noviar Marlina Gunawan, Kepala Dinas Pendidikan, Camat Megang Sakti, Polsek Megang Sakti, para guru dan wali murid, serta sejumlah instansi terkait lainnya.

Baca: Tim PKK Musirawas Raih Tiga Prestasi pada Peringatan BBGRM dan HKG PKK ke-46 Tingkat Sumsel

Pada kesempatan itu, H Hendra Gunawan meminta orang tua murid PAUD dan SD dapat lebih peduli terhadap aktivitas pendidikan anak.

Khususnya kebiasaan membaca buku sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kecerdasan anak.

"Dengan lebih pedulinya orang tua terhadap aktivitas belajar anak diharapkan dapat meningkatkan semangat belajar anak yang pada gilirannya nanti dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan menghasilkan generasi penerus yang lebih baik dimasa yang akan datang," kata H Hendra Gunawan.

Apalagi dengan telah dilaunchingnya program Gerbas Baku, ia juga berharap orang tua dapat melibatkan diri secara langsung terhadap pendidikan anak sebagai contoh saat mengerjakan tugas tugas sekolah di rumah.

Baca: Takut Dihukum, Warga Musirawas Ini Serahkan Senpira yang Biasa Digunakan untuk Berburu Babi

"Dengan gerakan orang tua membacakan buku kepada anak anak dan turut serta membantu anak mengerjakan tugas tugasnya di rumah, lambat laun anak akan termotivasi dan menyadari bahwa membaca buku itu sangat penting," ujarnya.

Dikatakan, di era modern saat ini, anak-anak lebih cenderung bermain gadget.

Menurutnya hal itu harus digeser bagaimana anak anak dapat kembali menyukai buku meskipun IT juga diperlukan. 

"Sekarang peran orang tua semakin menurun trhadap anaknya, jadi dengan ini kedepan dapat di tingkatkan untuk mendidik anak yang lebih baik. Agar dapat menggapai cita-citanya, karena semua bukan hanya tanggung jawab sekolah. Orang tua harus bekerja sama dengan para guru," katanya.

Baca: Prestasi Pemkab Sangat Tinggi, Bupati Musirawas Diganjar Penghargaan dari Mendagri

Kepala Dinas Pendidikan Musirawas melalui Kabid Pendidikan Dasar, Hartoyo menyampaikan, launching program Gernas Baku dilaksanakan secara serentak seluruh indonesia. Harapan dengan kegiaan ini dapat meningkatkan minat baca para anak-anak.

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help