Berita Palembang

Temukan Kejadian Ini Silahkan Hubungi Layanan Darurat Call Center 112

Kontak Center ini akan terkoneksi dengan pihak kepolisian, Dinas Kesehatan, Pemadaman Kebakaran

Temukan Kejadian Ini Silahkan Hubungi Layanan Darurat Call Center 112
Sripoku. com /Yandi Triansyah
Verifikasi Kementerian Kominfo terhadap layanan Call Center 112 

Laporan Wartawan Sripoku.com Yandi Triansyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - - Dalam waktu dekat Pemerintah Kota Palembang akan melaunching Call Center 112 untuk pengaduan darurat di wilayah Palembang. 

Kontak Center ini akan terkoneksi dengan pihak kepolisian,  Dinas Kesehatan,  Pemadaman Kebakaran, bencana  dan sebagainya. 

Kementerian Kominfo RI sudah melakukan verifikasi terkait keberadaan  Call Center ini.  Sehingga saat perhelatan Asian Games 2018 mendatang,  sudah bisa operasional. 

Kepala Dinas Kominfo Kota Palembang Yanuarpan Yany menjelaskan, setelah melalui tahapan verifikasi, layanan call center 112 akan segera di launching.

"Layanan ini sangat penting, karena Palembang sudah menjadi kota metropolitan dan termasuk kota internasional sehingga sudah seharusnya ada layanan ini. Di samping itu juga dipersiapkan untuk event Asian Games yang akan berlangsung Agustus mendatang," ujarnya.

Kominfo sedang mempersiapkan operator yang akan mengelola layanan ini terutama yang bisa bahasa asing. 

Dimana, untuk tim teknis ada empat orang, supervisor tiga orang dan operator 12 orang. Termasuk operator yang menguasai bahasa asing.

"Kita akan cari operator yang bisa berbahasa asing seprti bahasa inggris, perancis, china dan sebagainya," katanya .

Yanuarpan menyebutkan,  saat ini sudah ada 10 kota yang menjadi pilot project layanan siaga 112 ini dan enam kota yang mandiri.

"Ya mudah-mudahan dengan adanya layanan siaga 112 ada kejadian gawat darurat baik kesehatan,  kecelakaan dan sebagainya bisa diatasi dengan sigap dan cepat," ungkapnya.

Sementara itu Dirjen PPI (Penyelenggaraan Pos dan Informatika), Ahmad M Ramli menjelaskan, layanan ini merupakan panggilan darurat 112 yang akan diterapkan di Palembang. Hal ini dirasa penting untuk meningkatkan kewaspadaan terkait lingkungan sekitar.

Bahkan, layanan ini sudah diterapkan di Indonesia dan terkonekting untuk seluruh layanan seperti kesehatan, dinas kebakaran dan lain sebagainya.

"Palembang saya kira sudah seharusnya menerapkan layanan ini,  karen selain memberikan kemudahan layanan ini cepat dan praktis," tuturnya.

Penulis: Yandi Triansyah
Editor: Yandi Triansyah
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help