Pilot Ancam Mogok, Dirut Garuda Indonesia Janjikan Perbaikan Kinerja Perusahaan

Kinerja keuangan PT Garuda Indonesia 2017 mengalami keterpurukan. Sepanjang tahun 2017, maskapai ini menderita kerugian bersih (net loss)

Pilot Ancam Mogok, Dirut Garuda Indonesia Janjikan Perbaikan Kinerja Perusahaan
flightsnation.com
Maskapai Garuda Indonesia 

SRIPOKU.COM , JAKARTA - Kinerja keuangan PT Garuda Indonesia 2017 mengalami keterpurukan. Sepanjang tahun 2017, maskapai ini menderita kerugian bersih (net loss) sebesar 213,4 juta dollar AS.

Padahal, pada periode yang sama tahun sebelumnya, Garuda membukukan keuntungan sebesar 9,4 juta dollar AS. Jajaran direksi dianggap gagal mengoperasikan perusahaan atas kerugian itu.

Berita Lainnya:  Adanya Rencana Pilot Mogok Kerja, Tak Akan Rugikan Konsumen Garuda

Sebagai bentuk protes, pilot dan karyawan yang tergabung dalam Asosiasi Pilot Garuda (APG) dan Serikat Bersama Serikat Karyawan maskapai Garuda Indonesia akan mogok kerja selama 21 hari kerja. Namun, aksi tersebut ditentang jajaran direksi.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Pahala Nugraha Mansyuri meminta aksi tersebut dibatalkan agar kegiatan operasional perusahaan tidak terganggu.

"Kami mengimbau agar seluruh karyawan Garuda Indonesia tetap fokus pada pekerjaan kita," ujar Pahala kepada Kompas.com, Kamis (3/5/2018).

Pahala mengatakan, tidak mungkin perusahaan "mati suri" selama 21 hari karena banyak penumpang yang harus dilayani. Pilot dan karyawan tetap harus memastikan pelayanan pada penumpang dapat terjaga dengan baik.

Terkait laporan keuangan yang jadi landasan aksi mogok itu, Pahalarngklaim kinerja perusahaan membaik sejak triwulan 3 2017. Ia optimistis laporan itu bisa diperbaiki tahun ini.

"Apabila kita memastikan kelancaran operasi, kita yakini bahwa kita akan bisa segera membukukan laba di 2018," kata Pahala.

Imbauan serupa disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Budi meminta pilot dan karyawan Garuda Indonesia mengurungkan niat mogok kerja. Sebaiknya, kata dia, pilot dan karyawan mengedepankan upaya mediasi dengan jajaran direksi. Ia khawatir mogok kerja dapat mengganggu penerbangan.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved