Berita Palembang

Palembang Dominasi Peraih Nilai UN Tertinggi di Sumatera Selatan

Rekor hasil nilai Ujian Nasional (UN) tahun ini masih dipegang oleh kota Palembang sebagai peraih nilai tertinggi.

Palembang Dominasi Peraih Nilai UN Tertinggi di Sumatera Selatan
SRIPOKU.COM/YULIANI
Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Drs Widodo MPd 

Laporan wartawan sripoku.com, Yuliani

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --Rekor hasil nilai Ujian Nasional (UN) tahun ini masih dipegang oleh kota Palembang sebagai peraih nilai tertinggi.

Berdasarkan data yang didapatkan Sripo dari pihak Disdik Sumsel, sekolah asal Kota Palembang baik SMA maupun SMK mendominasi peraih nilai tertinggi dalam kategori sekolah maupun nilai rata-rata siswa perseorangan.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Sumsel, Drs Widodo M.Pd mengatakan, untuk kategori SMA peraih nilai tertinggi pelajaran Ilmu Pengetahun Sosial (IPS) saja, SMAN Sumsel berhasil menjadi sekolah peraih nilai tertinggi dengan rata-rata poin sebesar 77.54.

Disusul SMAN 6 Palembang di posisi kedua dengan nilai rata-rata sebesar 66.06 dan SMAN 17 Palembang di posisi ketiga dengan rata-rata poin sebesar 64.53.

“Sedangkan untuk kategori SMA peraih nilai tertinggi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) diraih oleh SMA Ignatius Global School (IGS) Palembang dengan perolehan nilai rata-rata poin sebesar 78.35. Disusul SMAN Sumsel dengan rata-rata poin sebesar 73.10 dan SMAN 6 Palembang dengan poin rata-rata sebesar 71.75,” ujarnya, Rabu (2/5/2018).

Sementara itu, untuk kategori siswa SMA pelajaran IPA nilai tertinggi diraih oleh siswa SMA Kusuma Bangsa Palembang atas nama Clarissa Aurelia Mashadi dengan nilai rata-rata sebesar 377.00.

Kemudian disusul oleh siswa SMA Xaverius Palembang, Angelina Pamela Lianny dengan nilai rata-rata sebesar 376.00 dan disusul siswa SMA Kusuma Bangsa Palembang, Vincencia dengan nilai rata-rata sebesar 373.00.

“Untuk siswa SMA peraih nilai tertinggi kategori pelajaran IPS diraih siswa asal SMAN 1 Palembang, Shalsa Tiara Putri dengan nilai rata-rata sebesar 354.50. Kemudian disusul posisi kedua siswa SMAN 6 Palembang, M Nazil Alfayed Prabu Negara dengan nilai rata-rata sebesar 354.50 dan posisi ketiga diraih siswa SMAN Sumsel, Detria Hilda dengan nilai rata-rata sebesar 352.50,” ujarnya.

Menurut Widodo, untuk peraih nilai tertinggi kategori siswa SMK diraih oleh SMK Xaverius Palembang untuk posisi pertama dan kedua yakni Maria Virgina dengan rata-rata nilai sebesar 341.50 dan Angela Nerissa Arviana dengan nilai rata-rata sebesar 341.00 dan disusul siswa SMKN 1 Palembang, Nabillah Nur Ma’ruf dengan nilai rata-rata sebesar 337.00.

“Untuk kategori Kabupaten/kota sendiri, jenjang SMA yang mendapatkan nilai tertinggi pelajaran IPA diraih oleh Kota Palembang dengan nilai rata-rata sebesar 315.25. Lalu posisi kedua diraih oleh Lahat dengan nilai rata-rata 261.20 dan posisi ketiga diraih Muara Enim dengan rata-rata sebesar 257.64. Sedangkan kategori SMA pelajaran IPS diraih oleh Palembang dengan nilai rata-rata 274,07, disusul Lahat dengan rata-rata 234.36 dan Prabumulih dengan nilai rata-rata 261.86,” terangnya.

Sedangkan untuk SMK kategori kabupaten/kota yang mendapatkan nilai tertinggi, diraih Kota Palembang dengan nilai rata-rata 167.05, posisi kedua diraih Kota Lubuk Linggau dengan nilai rata-rata 160.87 dan posisi ketiga diraih Kota Paragalam dengan nilai rata-rata 155.76.

“Untuk penentuan kelulusan berada di sekolah masing-masing. Peringkat tidak diutamakan tapi integritas yang paling kita ditekankan dalam pelaksanaan UN 2018,” ungkapnya. (Yuliani)

Penulis: Yuliani
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved