Berita Musi Banyuasin

Dukung Asian Games, Patroli Terpadu Muba Sisir Titik Hotspot

Patroli Terpadu ini nantinya akan bersinergi dengan masyarakat dalam upaya meminimalisasi potensi munculnya hotspot.

Dukung Asian Games, Patroli Terpadu Muba Sisir Titik Hotspot
SRIPOKU.COM/FAJERI RAMADHONI
Camat Bayung Lencir Ahmad Toyibir ketika melepas sejumlah tim dalam pencegahan karhutlah. 

Laporan wartawan sripoku.com, Fajeri Ramadhoni

SRIPOKU.COM, SEKAYU—Mejelang perhelatan event olahraga berskala internasional yakni Asian Games, membuat Sumsel yang bertindak sebagai tuan rumah melakukan persiapan dengan matang dan maksimal.

Termasuk dalam upaya pencegahan titik api (hotspot) atau kebakaran hutan dan lahan (karhutla) khususnya di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba)

Upaya yang dilakukan dalam meminimalisir hotspot tersebut Manggala Agni Musi Banyuasin (Muba) dibawah komando Balai Perubahan Iklim dan kebakaran Hutan dan Lahan Kementerian Lingkungan dan Kehutanan bersama stakeholder yakni diantaranya Polri, TNI, dan Pemerintah Daerah melaunching Patroli Terpadu Pencegahan Karhutla khususnya di Muba.  

"Ya, jadi kita akan melakukan patroli, dimana Patroli Terpadu ini akan menyisir titik hotspot di wilayah Muba khususnya wilayah Kecamatan Bayung Lencir dan sekitarnya untuk meminimalisir terjadinya karhutla jelang Asian Games nanti," kata Kepala Daops Manggala Agni Musi Banyuasin, Edi Satriawan SP, Rabu (2/5/18) di sela launching Patroli Terpadu Pencegahan Karhutla di Muba.  

Lanjutnya, Patroli Terpadu ini nantinya akan bersinergi dengan masyarakat dalam upaya meminimalisasi penyebaran atau potensi munculnya hotspot.

Pemangku adat dan kepala desa juga akan dilibatkan dalam melakukan sosialiasi pencegahan karhutla. 

“Nantinya ada tim khusus yang akan mengedukasi warga setempat dalam pencegahan dan penindakan karhutla. Pencegahan yang kita lakukan sejak dini agar kejadian karhutlah tidak terulang kembali apalagi sebentar lagi mau Asian Games,”jelasnya.

Semenetara, Camat Bayung Lencir Ahmad Toyibir mengungkapkan pihaknya akan selalu senantiasa mendukung terkait pencegahan karhutlah di Kabupaten Muba.

Hal ini merupakan komitmen Pemkab Muba agar bencana kabut asap tidak terulang kembali seperti beberapa tahun yang lalu.

“Sosialiasi terus kita lakukan terkait pencegahan karhutlah, saya telah menginstruksikan kepala desa untuk senantiasa memantau daerahya. Kades juga harus bisa mencegah warga membuka lahan dengan cara dibakar, jika masih melakukan siap-siap nanti berurusan dengan pihak kepolisian,”ungkapnya. (cr13)

Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help