Mei Genba Libatkan 2000 Karyawan

Curhat Presdir Astra Langsung ke Karyawan

Kegiatan Genba 2018 yang akan digelar pada akhir Mei yang melibatkan 2.000 karyawan unit bisnis Astra.

Curhat Presdir Astra Langsung ke Karyawan
Sripoku.com
JABAT TANGAN--Chief Coorperate Humas Capital Development Astra Internasional, Aloysius Budi Santoso berjabat tangan bersama Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Palembang, Edison dan Ketua Astra Grup Palembang, Niko Kwee usai menggelar kegiatan Branch Forum di United Tractor, Rabu (2/5). 

SRIPOKU,PALEMBANG--Sebagai salah satu perusahaan raksasa, terdiri dari 215 perusahaan dengan 219.700an karyawan, Astra International punya cara sendiri agar semua unit bisnis tetap berjalan maksimal, salah satunya melalui kegiatan Genba 2018 yang akan digelar pada akhir Mei, mendatang.

Kegiatan itu langsung melibatkan 2.000 karyawan setingkat pemimpin pada unit bisnis Astra se-Indonesia.

"Agar kegiatan Genba pada Mei, nanti maksimal makanya kami langsung melakukan kunjungan pada delapan hingga 10 kota besar di Indonesia yang ada unit bisnis Astra untuk melihat langsung di lapangan," kata Chief Coorperate Human Capital Development PT Astra International, Tbk, Aloysius Budi Santoso usai kegiatan Astra Branch Forum di kantor United Tracktor Palembang, Rabu (2/5).

Menurut Budi, pihaknya tidak mungkin menjangkau semua karyawan pada seluruh unit bisnis Astra di Indonesia, makanya melalui Branch Forum, pihaknya bisa langsung melihat, mendengarkan semua permasalahan karyawan-karyawan Astra pada kota yang ditunjuk, termasuk salah satunya di Palembang.

Dia juga menggarisbawahi, kegiatan lebih pada mendengar dan menyimak langsung semua persoalan yang ada di lapangan untuk nanti dicari solusi bersama pada kegiatan Genba tingkat nasional.

Apalagi, kata dia, pada kegiatan Genba, yang dilibatkan nantinya hanya 2.000an karyawan se-Indonesia sementara total karyawan Astra diatas 200an ribu. "Jadi Branch Forum ini bukan mengevaluasi tapi langsung mendengar curhatan dan permasalahan yang ada di lapangan, termasuk mungkin mencari solusi bersama agar kinerja yang dihasilkan maksimal," kata dia.

Kegiatan Genba sendiri, kata dia, merupakan kegiatan rutin Astra yang sudah mentradisi setiap tahun. Disini, pemimpin tertinggi PT Astra International yakni Priyono akan langsung turun menyapa dan mendengarkan langsung curhatan karyawan yang hadir dalam satu forum atau pertemuan.

"Kalau zaman Soeharto seperti kegiatan Kelomponcapir, jadi presiden kita langsung bertemu dengan karyawan, lalu dialog bersama agar hasil kerja tetap maksimal," katanya.

Untuk kegiatan Genba biasanya dilakukan dua kali setahun. Pertama pada saat penyampaian newslatter oleh presiden Astra serta pada kegiatan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Astra yang digelar beberapa waktu lalu. Hasil RUPS 2018 inilah yang akan jadi tolak ukur pertemuan Genba pada Mei mendatang.

"Acuannya tetap berdasarkan pada RUPS 2018 serta melakukan evaluasi kinerja semua unit bisnis Astra pada empat bulan lalu termasuk mendengarkan langsung rencana-rencana apa yang dilakukan Astra kedepan agar unit bisnis tetap tumbuh subur. Yang memberikan pemaparan langsung Presedir Astra langsung," katanya.

Genba itu akan dilakukan pada akhir Mei, mendatang di Menara Astra Sudirman Jakarta. Pada kegiatan Gneba tahun ini, lebih menarik karena dilakukan langsung di gedung Astra yang akan ditempati managemen Astra menjadi gedung kantor utama pada akhir tahun mendatang.

"Kita melibatkan langsung 2.000 karyawan perwakilan unit bisnis Astra di Indonesia,"katanya.

Sementara Ketua Astra Grup Palembang, Niko Kwee merinci kegiatan Branch Forum di Palembang melibatkan lebih dari 50 karyawan Astra. Sosialisasi dilakukan lebih kepada updates informasi tentang hubungan industri dan masalah-masalah ketenagakerjaan yang ada saat ini. Untuk diketahui, Palembang sendiri memuat lebih dari 20an unit perusahaan Astra.

"Mengingat Sumsel ini banyak sekali unit bisnis Astra, makanya kegiatan ini diharapkan bisa memberikan ruang pengetahuan lebih kepada semua karyawan Astra agar cara kerja tetap terpola sesuai kebijakan Astra sebagai induk perusahaan,"katanya.

Penulis: Dewi Handayani
Editor: Dewi Handayani
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help