Berita Muaraenim

BPS Muaraenim Gelar Sosialisasi Penyusunan Disagregasi PMTB

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Muaraenim bekerja sama dengan Pemkab Muaraenim, menggelar Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Penyusunan

BPS Muaraenim Gelar Sosialisasi Penyusunan Disagregasi PMTB
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Sosialisasi : Kepala BPS Kabupaten Muaraenim Sukerik saat menyampaikan sambutan pada Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Penyusunan Disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto di Aula Bappeda Muaraenim, Rabu (2/5/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARAENIM-- Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Muaraenim bekerja sama dengan Pemkab Muaraenim, menggelar Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Penyusunan Disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) 2018 di Aula Bappeda Kabupaten Muaraenim, Rabu (2/5/2018).

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Muaraenim Sukerik SST MSi mengatakan, tujuan dari Disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) adalah untuk memperoleh data beberapa jenis komoditas menurut wilayah, memperoleh data indikator untuk menunjang penghitungan PMTB bangunan menurut jenisnya.

Selain itu untuk memperoleh data PMTB pemerintah yang bersumber dari APBD/APBN menurut jenis barang. Selain itu, memperoleh indikator untuk penghitungan usia pakai menurut jenis dan industri, dan menjadi sumber data untuk penghitungan stok kapital yang mencakup jenis aset, institusi, lapangan usaha, serta sampel berupa rumah tangga, desa, korporasi dan dinas.

"Koordinasi Penyusunan Disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) yang merupakan program prioritas nasional Tahun 2018," ujarnya.

Dikatakannya, kegiatan survey khusus Penyusunan Disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto itu sendiri dilakukan dengan maksud dan tujuan untuk menghasilkan Matriks PMTB yang menggambarkan nilai PMTB atau investasi pada satu lapangan usaha atau institusi menurut jenis barang modal selama beberapa periode tertentu yang merupakan salah satu komponen dalam penghitungan indicator pertumbuhan ekonomi.

Sementara itu Bupati Muaraenim diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Amrullah Jamaluddin SE,  pada Tahun 2018, BPS akan melakukan survei Penyusunan Disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) atau yang lebih dikenal dengan investasi/capital fisik.

Investasi merupakan salah satu faktor penting dalam pertumbuhan perekonomian, karena investasi memiliki keterkaitan dengan berlangsungnya kegiatan ekonomi di masa sekarang maupun dimasa yang akan datang.

“Perekonomian di Kabupaten Muaraenim terus mengalami peningkatan, bahkan di Tahun 2015, pertumbuhan ekonomi di wilayah ini menempati posisi teratas dari seluruh kabupaten/kota di Sumatera Selatan,” terangnya.

Dijelaskan Amrulah, lapangan usaha pertambangan, industri, pengolahan dan pertanian merupakan lapangan usaha penyumbang PDRB tertinggi di Muaraenim, dan tentunya investasi untuk ketiga lapangan usaha tersebut cukup besar.

Halaman
12
Penulis: Ardani Zuhri
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved