OKU Selatan

Lomba Cipta Menu B2SA Ajarkan IRT Hasilkan Makanan Bergizi dan Kreatif

Sebanyak 19 Kecamatan se-Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan memeriahkan lomba cipta menu B2SA.

Lomba Cipta Menu B2SA Ajarkan IRT Hasilkan Makanan Bergizi dan Kreatif
SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH
Salah satu hidangan Lomba Cipat menu yang di selenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Senin (30/4/2018) 

Laporan wartawan sripoku.com, Alan Nopriansyah

SRIPOKU.COM, MUARADUA--Lomba Cipta Menu beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA) ajarkan Ibu rumah tangga (IRT) menciptkan makanan yang tidak bergantung pada makanan beras, tepung dan trigu sebagai bahan konsumsi keluarga.

Dalam lomba yang yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, dengan mengusung tema 'kita budayakan mengkonsumsi pangan alternatif hasil bumi sendiri'. mencari peserta yang menampikan menu terbaik dari pada peserta setiap Kecamatan.

Sebanyak 19 Kecamatan se-Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, yang berpartisipasi, setelah dinilai oleh dewan juri yang kemudian di menangkan oleh Kecamatan Muaradua sebagai pencipta menu B2SA sebagai makanan terbaik.

"Juara pertama diraih kecamatan Muaradua dengan nilai 453, juara dua Buay Rawan dengan total 416 dan juara tiga kecamatan Simpang dengan nilai 409".Kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan melalui Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan Cevy Daulika.

Dalam lomba tersebut melalui penilaian sejumlah dewan juri yang membidangi, seperti perwakilan RSUD Muaradua, Dinas Ketahanan Pangan, TP PKK, Dharma Wanita, dan Dinas Perikanan dan Perternakan Kabupaten OKU Selatan.

Sementara itu , Kepala Dinas Dinas Ketahanan Pangan Sutina, SP menyampaikan bahwa sesuai prosedur pemenang akan direkomendasikan menjadi duta cipta menu untuk mewakili OKU Selatan pada lomba tingkat Provinsi mendatang.

Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman masyarakat terutama ibu-ibu rumah tangga agar dapat mengetahui konsumsi menu makanan yang baik dengan beragam, bergizi dan seimbang serta aman (B2SA). Dalam meningkatkan kemampuan dan kreatifitas, kata dia.

Kemudian, melalui kegiatan tersebut diharapkannya agar masyarakat dapat menciptakan makanan yang beragam tidak bergantung pada tepung, beras dan trigu serta dapat memahami sumberdaya pangan yang ada di bumi serasan seandanan yang dapat meningkatkan pendapatan dan nilai tambah untuk masyarakat sendiri.

Dalam kegiatan lomba tersebut di hadiri ketua DPRD, Yohana Yuda Yanti, Wakil Bupati Sholihien Abu Asir dan Kapolres Ogan komering Ulu Selatan, AKBP Ferry Harahap SIK, MH.

Penulis: Alan Nopriansyah
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help