Berita Musi Banyuasin

Kementerian Kelautan dan Perikanan Bangun Tempat Pelelangan Ikan di Kabupaten Muba

Sjarief Widjaja mengatakan, pembangunan TPI salah satu upaya untuk mengoptimalkan potensi perikanan tangkap darat.

Kementerian Kelautan dan Perikanan Bangun Tempat Pelelangan Ikan di Kabupaten Muba
SRIPOKU.COM/YANDI TRIANSYAH
Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo didampingi Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Sjarief saat memberikan bantuan kepada nelayandi Keramasan Palembang, Selasa (1/5/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Yandi Triansyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membangun Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Perairan Darat di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Sjarief Widjaja di sela-sela lawatan kerjanya di Kota Palembang bersama Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo di Keramasan Palembang, Selasa (1/5/2018).

Sjarief Widjaja mengatakan, pembangunan TPI salah satu upaya untuk mengoptimalkan potensi perikanan tangkap darat.

Baca: Pembangunan Pasar Ikan Modern Palembang Memasuki Proses Lelang

Selain sebagai sentra perikanan untuk aktivitas bongkar penanganan dan pemasaran, TPI perairan darat juga diharapkan berkontribusi besar untuk perbaikan dasar.

"Hari ini salah satu TPI perairan darat kita resmikan yaitu TPI Muba. Saya sangat menghargai perjuangan dan komitmen bapak ibu untuk terus mengembangkan sektor perikanan tangkap di Sumsel utamanya di kota Palembang. Kita terus kembangkan usaha perikanan tangkap yang maju dan berkelanjutan," kata Sjarief Widjaja.

Baca: Di Tengah Demo Hari Buruh, Amien Rais Sobek Sobek Topeng Wajah Tenaga Kerja Asing

Sjarief Widjaja mengatakan, disamping potensi perikanan tangkap di laut Indonesia yang memiliki potensi perikanan tangkap diperairan darat berupa sungai danau, situ, waduk, dan paparan air lainnya yang mencapai 13,85 juta hektar dengan potensi perikanan mencapai 3,03 juta ton.

Potensi produksi perikanan tangkap di perairan darat yang cukup besar dirasakan belum memenuhi harapan dengan melihat angka produksi perikanan perairan darat saat ini baru sekitar 16 persen dari total potensi.

"Sektor perikanan Provinsi Sumsel saat ini ditopang oleh sebagian besar perikanan perairan darat. Dalam kurun waktu tahun 2011 hingga 2016 pertumbuhan volume produksi perairan darat di Sumsel tumbuh sebesar 24,5 persen," katanya.

Ia berharap dengan dibangunnya TPI perairan darat bisa mampu mengenali produksi.

Penulis: Yandi Triansyah
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved