Berita Palembang

Jauh Dari Kata Sejahtera, Peringatan May Day Ratusan Buruh Direncanakan Turun Kejalan Suarakan Aksi

Setiap tanggal 1 Mei diperingati sebagai hari buruh (may day), dimana biasanya para pekerja libur bekerja dan turun kejalan

Jauh Dari Kata Sejahtera, Peringatan May Day Ratusan Buruh Direncanakan Turun Kejalan Suarakan Aksi
SRIPOKU.COM/WAHYU KURNIAWAN
Para buruh yang melakukan aksi beberapa tahun lalu./Dok.Sripoku.com 

Laporan wartawan Sripoku.com, Wahyu Kurniawan

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Setiap tanggal 1 Mei diperingati sebagai hari buruh (may day), dimana biasanya para pekerja libur bekerja dan turun kejalan untuk menyuarakan suara mereka dengan aksi ataupun cara sendiri-sendiri.

Tuntutan-tuntuan yang diharapkan adalah sebuah asa untuk mensejahterakan hidup para buruh, memang buruh jauh dari kata sejahtera dengan nilai-nilai ekonomi saat ini.

Diketahui pada dasarnya semua orang yang memajukan dan membangun negara adalah para buruh, tetapi saat ini esensi buruh berubah, dimana buruh selalu dikatikan dengan para pekerja pabrik dan lainnya.

Di Palembang sendiri, besok tepatnya tanggal 1 Mei para buruh direncanakn bakal turun kejalan dengan massa 600 orang, para buruh akan mendesak pemerintah mencabut sejumlah aturan yang dinilai tidak berpihak pada buruh.

Baca: Ucapkan Kata-Kata Ini, Benarkah Adipati Dolken Singgung Fans Iqbaal Ramadhan?

Adapaun delapan tuntutan diantaranya, adalah mencabut PP 78 tahun 2015 tentang pengupahan, cabut perpres no 20 tahun 2018 tentang tenaga kerja Asing, tolak sistem outsorcing dan kontrak kerja,

dan meminta Polri dapat menerima laporan buruh tentang tindak pidana ketenagakerjaan, serta meminta pencopotan jabatan Hanif Dhakiri sebagai menteri Tenaga Kerja RI.

Baca: Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang Protes Pembangunan Gedung dan Kampus B Jakabaring

Korwil Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Sumsel, Ramli mengatakan, besok mulai dari pukul 08.00 WIB para buruh akan berkumpul di simpang lima DPRD Provinsi Sumsel dan akan berjalan ke DPRD pada pukul 10.00 WIB untuk menyuarakan tuntuntan mereka.

Halaman
12
Penulis: Wahyu Kurniawan
Editor: Reigan Riangga
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved