Kementerian Laut dan Perikanan Kukuhkan Pengurus Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia Sumsel

Jadi perlu dicatat bahwa penyuluhan perikanan di Indonesia sekarang ini telah menjadi pegawai pusat PNS KKP

Kementerian Laut dan Perikanan Kukuhkan Pengurus Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia Sumsel
SRIPOKU.COM/RANGGA ERFIZAL
Pengurus DPD IPKANI Sumsel, Balai Riset Perikanan, Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan (BRPPUPP) Kota Palembang, Jumat (27/4/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rangga Erfizal

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Kementerian Laut dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI), melalui Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan membentuk organisasi Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia (IPKANI), dengan melantik para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari Kementerian Keluatan dan Perikanan (KKP), Jumat (27/4/2018).

Pelantikan tersebut tidak lepas untuk kepengurusan DPD IPKANI Provinsi Sumsel yang baru saja dilantik di Balai Riset Perikanan, Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan (BRPPUPP) Kota Palembang.

"Alhamdulilah hari ini dilantik pengurus IPKANI Provinsi Sumsel. Jadi perlu dicatat bahwa penyuluhan perikanan di Indonesia sekarang ini telah menjadi pegawai pusat PNS KKP," kata Ketua Umum DPP IPKANI, Herman Khaeron, setelah melantik IPKANI Sumsel.

Baca: Kembali Viral! Heboh Bocah 1 SMP Nikahi Cewek Kelas 2 SMP, Ternyata Ini Sebabnya Sampai Ngotot

Herman Khaeron menjelaskan, pendirian organisasi IPKANI memiliki tujuan di antaranya meningkatkan kesejahteraan dan membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi anggota dalam melaksanakan tugas.

Lalu, meningkatkan kemampuan Penyuluh Perikanan yang mandiri, profesional, dinamis, kreatif dan inovatif, dan mengembangkan terwujudnya hubungan kemitraan yang harmonis, dinamis dan berkeadilan.

"Menurut Undang Undang Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan pasal 34 ayat 3 mengamanahkan bahwa untuk melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap kinerja penyuluh, pemerintah memfasilitasi terbentuknya organisasi profesi dan adanya kode etik penyuluh perikanan. Keberadaan organisasi ini sekaligus mencerminkan adanya entitas sebuah profesi, yang kemanfaatannya dibangun dari, oleh, dan untuk penyuluh perikanan," ungkap Herman Khaeron.

Baca: Orang yang Doanya Ditolak Allah SWT di Malam Nisfu Syakban

Menurut Herman Khaeron, melalui kegiatan penyuluhan ini dapat ditumbuhkembangkan kemampuan dan kemandirian pelaku utama dan pelaku usaha perikanan dan keluarganya, agar mampu mengelola usaha perikanan secara produktif, efektif, dan efisien, sehingga mempunyai daya saing tinggi dengan bercirikan tingginya produktivitas, mutu dan efisiensi usaha.

Halaman
12
Penulis: Rangga Erfizal
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved