Terkait Isu Perdagangan, Donald Trump Panggil CEO Apple ke Gedung Putih

Presiden AS Donald Trump memanggil CEO Apple Inc Tim Cook ke Gedung Putih, Rabu (25/4/2018) waktu setempat. Pemanggilan Cook tersebut terkait

Terkait Isu Perdagangan, Donald Trump Panggil CEO Apple ke Gedung Putih
https://ekonomi.kompas.com/
Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump (paling kiri) berbicara sambil disaksikan oleh pendiri PayPal Peter Thiel (kedua dari kiri), CEO Oracle Safta Catz (paling kanan), dan CEO Apple Tim Cook dalam pertemuan dengan para petinggi perusahaan teknologi yang digelar di Trump Tower, New York, Rabu (14/12/2016) minggu lalu. (Shannon Stapleton/Reuters) 

SRIPOKU.COM , WASHINGTON - Presiden AS Donald Trump memanggil CEO Apple Inc Tim Cook ke Gedung Putih, Rabu (25/4/2018) waktu setempat. Pemanggilan Cook tersebut terkait dengan isu perdagangan.

Berita Lainnya:  Isu Perang Dagang Mereda, Pasar Saham AS Kembali Menguat

Selain itu, pemanggilan juga terkait persiapan AS untuk berupaya menghindari perang dagang dengan China, pusat manufaktur bagi Apple.

Dikutip dari Reuters, Kamis (26/4/2018), Cook melakukan pembicaraan tertutup dengan Trump di Ruangan Oval. Ia juga berbicara dengan penasihat ekonomi Trump Larry Kudlow dan Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer.

Trump pun tengah mempersiapkan pengiriman delegasi ke China untuk menghindari perang dagang. Bila perang dagang terjadi, maka Apple dan sejumlah perusahaan perangkat keras lainnya yang memproduksi barangnya di China akan terpukul.

Sebelumnya, Trump telah menebar ancaman pengenaan tarif sebesar 100 miliar dollar AS untuk impor produk dari China, yang bisa terdampak pada ponsel, komputer, dan barang-barang konsumen lainnya. Adapun China membalas dengan mengenakan tarif impor sebesar 50 miliar dollar AS.

Pejabat Gedung Putih menyatakan pertemuan antara Cook dan Trump berjalan dengan baik. Namun, baik pihak Gedung Putih maupun Apple tidak memberikan rincian mengenai pertemuan itu.

Sebelumnya, Trump dalam akun Twitter pribadinya mengungkapkan bahwa ia sangat menantikan pertemuan dengan Cook.

"Kami akan membicarakan banyak hal, termasuk bagaimana AS telah diancam secara tidak adil selama bertahun-tahun, oleh banyak negara, terkait perdagangan," tulis Trump.

Cook sendiri merupakan salah satu CEO favorit Trump dan bahkan kerap disebut dalam pidatonya. Hal ini mengejutkan, sebab hubungan antara keduanya sempat kurang baik.

Selama masa kampanye, Trump mendorong para pendukungnya untuk memboikot Apple. Trump juga mengkritik perusahaan tersebut karena membuat produknya di China.

Apple mencatat kapitaliasi pasar sebesar 835 miliar dollar AS dan memiliki 123.000 karyawan. Dari angka tersebut 84.000 orang di antaranya berada di AS.

Pada Januari 2018 lalu, Apple menyatakan berencana menganggarkan belanja modal sebesar 30 miliar dollar AS di AS dalam 5 tahun ke depan. 10 miliar dollar AS di antaranya untum membangun pusat data.

Penulis: Sakina Rakhma Diah Setiawan
Sumber: Reuters

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs https://ekonomi.kompas.com/ dengan Judul:
Bicarakan Perdagangan, Trump Panggil CEO Apple ke Gedung Putih

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved