Piilkada

Mencari Perempuan dalam Visi-Misi Cagub Sumsel

Sebelum peringatan Hari Kartini --21 April 2018 lalu, pada 22 Maret 2018 saya mengikuti workshop dengan tema Membedah Visi Misi Cagub dan Wagub Sumsel

Mencari Perempuan dalam Visi-Misi Cagub Sumsel
ist
Maspril Aries

Mencari Perempuan dalam Visi-Misi Cagub Sumsel

maspril
 Maspril Aries 

Oleh : Maspril Aries

Penggiat Kaki Bukit Literasi

Sekitar satu bulan sebelum peringatan Hari Kartini yang jatuh tanggal 21 April 2018 lalu, pada 22 Maret 2018 saya berkesempatan mengikuti workshop dengan tema Membedah Visi Misi Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan : "Sejauh Mana Memperhatikan Masalah Perempuan, khususnya terkait Hak Kesehatan Perempuan dan Penghapusan Diskriminasi Perempuan" yang diselenggarakan WCC (Women’s Crisis Centre) Palembang.

Pada sesi dialog terungkap betapa visi-misi dan program dari empat pasangan calon gubernur-wakil gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) masih jauh dari harapan, belum menemukan program yang konkret bagi kaum perempuan.

Tidak ada kata terlambat untuk membedah secara kritis visi-misi dan program empat pasangan calon tersebut walau pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018 sudah memasuki tahap kampanye dan sudah pada debat publik pertama.

Workshop kali ini bukan lagi tahap mencari pemimpin Sumsel yang ideal.

Workshop ini lebih maju selangkah dibanding seminar atau diskusi yang mengusung tema "mencari" calon kepala daerah yang ideal dan sebagainya.

Membedah visi-misi dan program calon gubernur-wakil gubernur Sumsel 2018-2023 adalah pilihan yang tepat mengingat visi-misi dan program pada pencalonan kepala daerah merupakan salah satu dokumen persyaratan yang harus dipenuhi saat mendaftar ke KPU.

Ketentuan ini diatur dalam Peraturan KPU No. 3 Tahun 2017 pada pasal 42 ayat 1 Huruf q, yang menyebutkan naskah visi, misi dan program pasangan calon mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Daerah yang ditandatangani pasangan calon.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved