Inspirasi

Kisah Intan Paramaditha Penulis Indonesia Berjuang Menerbitkan Buku di Luar Negeri

Intan Paramaditha adalah satu dari segelintir penulis Indonesia yang hak cipta hasil karyanya berhasil dibeli oleh penerbit luar negeri.

Kisah Intan Paramaditha Penulis Indonesia Berjuang Menerbitkan Buku di Luar Negeri
Intan Paramaditha
Intan Paramaditha adalah seorang penulis yang hak cipta buku-bukunya telah dibeli oleh Penerbit Harvin Secker, United Kingdom. 

SRIPOKU.COM , JAKARTA - Intan Paramaditha adalah satu dari segelintir penulis Indonesia yang hak cipta hasil karyanya berhasil dibeli oleh penerbit luar negeri.

Tulisan Intan sendiri dikenal kaya akan nilai-nilai feminisme, karena dirinya memiliki ketertarikan dengan isu gender, seksualitas, budaya, dan politik.

Berita Lainnya:  Penulis Buku Jakarta Undercover, Moammar Emka: Jika Alexis Ditutup, Anies-Sandi Harus Lakukan Ini

Kompas.com berkesempatan untuk berbicara lebih jauh dengan Intan mengenai perjuangannya dalam menerbitkan kedua bukunya, Gentayangan: Pilih Sendiri Petualangan Sepatu Merahmu (The Wandering) dan Apple and Knife.

Kedua buku itu akan diterbitkan oleh Penerbit Harvill Secker dari grup Penguin Random House UK pada tahun 2019 nanti.

Agen sastra dan penerbit indie
Seiring dengan proses pembelian hak cipta kedua bukunya oleh Harvill Secker, Intan bercerita proses penerbitan karyanya bermuara pada tahun 2015, ketika salah seorang rekannya, Stephen Eipstein mengerjakan terjemahan bukunya yang berjudul Apple and Knife. Kemudian di akhir tahun 2016 keduanya mulai untuk mencari penerbit.

"Stephen menawarkan Apple and Knife ke beberapa penerbit di Australia dengan asumsi lebih mudah secara logistik karena Saya tinggal di Australia dan Stephen di New Zealand," ujar Intan ketika dihubungi Kompas.com Jumat (6/4/2018).

Beberapa kali penerbit menolak karena memang tidak banyak penerbit yang mau untuk menerbitkan buku kumpulan cerpen.

Hingga akhirnya Intan bertemu dengan penerbit Brow Books, divisi majalah sastra The Lifted Brow.

Hal itu berawal saat Stephen mengirimkan cerpen Intan kepada The Lifted Brow. Editor The Lifted Brow pun menanyakan tentang kemungkinan adanya kumpulan cerpen yang bisa diterbitkan untuk Brow Books.

Halaman
123
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved