Advertorial

29 Siswa Tingkat XII SMK PP Negeri Sembawa Kompenten sebagai Operator Farm Unggas Pedaging

Tujuan diadakannya ujian ini adalah sebagai bukti bahwa siswa ahli pada bidangnya sehingga dapat bersaing di dunia kerja.

29 Siswa Tingkat XII SMK PP Negeri Sembawa Kompenten sebagai Operator Farm Unggas Pedaging
Dok. SMK PP Negeri Sembawa

BANYUASIN -- Kementrian pertanian melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LPS) Pertanian melakukan kegiatan sertifikasi di Tempat Uji Kompetensi (TUK) SMK PP N Sembawa, pada tanggal 16 hingga 19 April 2018.

Tujuan diadakannya ujian ini adalah sebagai bukti bahwa siswa ahli pada bidangnya sehingga dapat bersaing di dunia kerja.

Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas XII dengan dua program studi, yaitu Agribisnis Ternak Unggas (ATU) dan Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP).

Sebelum melaksanakan ujian sertifikasi, Kelas XII ATU melakukan BIMTEK pada tanggal 16 hingga 17 April 2018, dengan pemateri yaitu Tita Tarsita yang didatangkan langsung dari PT. SEMESTA MITRA SEJAHTERA yang merupakan cabang dari PT. CHAROEN POKPHAND.

Para siswa begitu antusias mengikuti kegiatan tersebut karena ilmu yang didapat sangat bermanfaat untuk kedepannya.

Selain itu, para siswa mendapat motivasi belajar yang membuat siswa semangat mengikuti ujian keseesokan harinya.

===

Skema Uji Kompetensi untuk program studi ATU adalah Operator Farm Unggas Pedaging dengan kompetensi yang harus dimiliki adalah menerapkan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja (K3), melakukan biosekuriti, menyiapkan kandang produksi, mengelola unggas periode starter, mengelola unggas periode finisher.

Pada pelaksanaan ujian sertifikasi, para siswa diuji oleh para assesor yang didatangkan langsung dari Jakarta, yang terdiri dari tiga assessor, yaitu Asep Dany, S. Pt , M.Pd, drh. Sri Gatiyono, M.Sc, dan Ir. Patwi Sihibunjanti, MM.

Para siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk mendapatkan asessornya masing-masing.

Tes yang diujikan yaitu tes wawancara, tes tertulis dan tes unjuk kerja.

Kegiatan tersebut diikuti sisa dengan begitu serius dan antusias, dimana setelah menyelesaikan seluruh tes, para assesor akan mengumumkan hasil dari kegiatan tersebut.

Penutupan dan pengumuman hasil ujian dilaksanakan juga sudah dilaksanakan pada tanggal 19 April 2018.

Dengan adanya kegiatan ini para siswa dinyatakan berkompeten sehingga berhak mendapat sertifikat yang berguna dalam dunia kerja nantinya. (Rel)

===

Editor: Ahmad Sadam Husen
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help