BPBD Mulai Siaga Karhutla, Sediakan Helikopter Bolkow di Posko Pemantau

Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) menjadi prioritas perhatian Pemerintah Sumatera Selatan jelang perhelatan Asian Games 2018

BPBD Mulai Siaga Karhutla, Sediakan Helikopter Bolkow di Posko Pemantau
www.cgtrader.com
Airbus Helicopter H160. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) menjadi prioritas perhatian Pemerintah Sumatera Selatan jelang perhelatan Asian Games 2018 mendatang.

Apalagi, sejak 1 Februari 2018 lalu sudah diterapkan status siaga darurat kebakaran lahan dan hutan di Sumsel. Penetapkan ini berdasarkan Keputusan Gubernur Sumsel Nomor 102/KPTS/BPBD-SS/2018. Dengan adanya status ini, maka penanggulangan karhutla di Sumsel dapat diantisipasi sejak awal.

Bahkan, saat ini di posko satuan tugas penanggulangan bencana asap akibat karhutla di Sumsel, sudah standby satu unit helikopter Bolkow untuk patroli sekaligus waterbombing.

Baca: Ini 4 Langkah Lanjutan Usai Pengumuman SNMPTN 2018, Klik snmptn.ac.id!

Hanya saja, kapasitas waterbombing sekitar 500 liter lebih kecil dari helikopter lain yang biasanya standby di Sumsel.

"Kami fokus sementara ini melakukan patroli. Mengingat sekarang intensitas hujan sudah menipis maka kami pun meminta kepada BNPB untuk segera menurunkan bantuan helikopter waterbombing dan pesawat TMC untuk hujan buatan," ungkap Kepala Posko Media Satgas Penggulangan Bencana Asap Akibat Karhutla, Ansori, Selasa (17/4/2018).

Baca: Lakukan Ujaran Kebencian, Alung Akui Salah & Minta Maaf ke Warga Lahat, Proses Hukum Tetap Jalan

Hanya saja, untuk kepastian kedatangannya, kata Ansori, masih dalam proses oleh BNPB.

"Kita sudah mendapat konfirmasi bahwa bantuan helikopter waterbombing akan segera datang. Apalagi Sumsel akan menjadi lokasi penyelenggaraan Asian Games sehingga ini dipandang sangat penting. Jangan sampai ada asap di Sumsel," jelas Ansori.

Baca: Baru Ditemukan Warga, Cughup Jari Seribu Lahat Bisa Bikin Mata Wisatawan Melongo

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin mengatakan, tahun 2018 menjadi tantangan yang berat karena berlangsungnya Asian Games yang harus berjalan sukses tanpa bencana kabut asap.

"Walaupun tahun 2016 dan 2017 kita berhasil mencegah Karhutla tetapi tahun 2018 adalah taruhan bagi kita semua karena di 2018 ada Asian Games," ungkap Alex Noerdin. (*)

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Reigan Riangga
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help