Nilai USBN Jadi Penentu Kelulusan Siswa SMP

Kendati Ujian Nasional (UN) tak lagi penentu kelulusan, namun tidak dengan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di tingkat SMP

Nilai USBN Jadi Penentu Kelulusan Siswa SMP
SRIPOKU.COM/YULIANI
Para siswa SMPN 9 saat fokus mengerjakan soal USBN, Senin (16/4/2018). 

laporan wartawan Sripoku.com, Yuliani 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Kendati Ujian Nasional (UN) tak lagi penentu kelulusan, namun tidak dengan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Pasalnya nilai USBN sendiri menjadi penentu kelulusan siswa, yang ditentukan dari 60 persen USBN dan 40 persen dari nilai ujian harian.

Kepala SMP Negeri 9 Palembang, Hj Hastia mengatakan bersama sekolah lainnya sebelum melaksanakan UN, pihaknya menggelar USBN. Dimana soal yang diujikan ini dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) kota Palembang.

“Sebagai SMP unggulan di Kota Palembang, kita melakukan penentuan kelulusan melalui nilai USBN, kalau nilai USBN tidak mencapai 60 persen tentu saja mereka akan gagal masuk di SMA Negeri," katanya saat memantau jalannya ujian di SMPN 9, Senin (16/4/2018).

Baca: Ormas dan LSM di Muaraenim Ikuti Pelatihan Dianggap Penting, Ini Penyebabnya 

Hal ini dilakukan supaya para lulusan SMP Negeri 9 Palembang, bisa diterima sesuai jurusan diinginkan.

“Kami juga sudah melakukan persiapan seperti pelajaran tambahan. Untuk hari pertama USBN mengenai pelajaran Pendidikan Agama, berhubung di sini ada 3 siswa yang beragama lain, yakni Islam, Kristen dan Hindu, pastinya soalnya diberikan sesuai agama dianutnya,” jelasnya.

Baca: Meski Dijadikan Kampanye Hitam di Dunia, GAPKI Sumsel Tetap Optimis Industri Kelapa Sawit Tetap Baik

Sedangkan siswa yang mengikuti USBN di SMPN 9 Palembang berjumlah 294 anak. Dari total tersebut, ada satu siswa sakit makanya sekolah meminta siswa tersebut ikut ujian susulan USBN pad 30 April mendatang.

Halaman
12
Penulis: Yuliani
Editor: Reigan Riangga
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help