Para Bikers Ini Mencari Keberkahan Lewat Syiar Agama

Mencari keberkahan lewat syiar Agama: Born to Pray, Journey to Jannah. Mereka ingin mengubah image anak motor.

Para Bikers Ini Mencari Keberkahan Lewat Syiar Agama
Sripoku.com/Rangga Efrizal
Komunitas Muslim Bikers Indonesia 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Selama ini genk motor selalu mendapat sambutan negatif dari masyarakat. Namun, tidak dengan Muslim Bikers Indonesia (MBI), mereka mencoba mendobrak paradigma yang sudah terbentuk ditengah masyarakat.

Keresahan tersebut lah yang selalu ditangkap M Hafiz Tafdhil S.H.,M.Kn. Menurutnya sejak tahun 2006 ketika dirinya masih duduk di bangku SMA, dirinya sangat prihatin dengan grup motor yang selalu dipandang sebelah mata. Dirinya bercita-cita suatu saat dapat membuat wadah komunitas motor yang positif

"Sudah sejak dari 2006 saya memikirkan untuk membuat komunitas motor yang positif. Tahun 2017 akhirnya saya kepikiran lagi untuk membentuk, dan ternyata sudah ada di Jakarta asuhan Ustadz Subhan Bawazier," ujarnya saat ditemui di rumahnya di Kawasan Perumahan Dosen Poltek Sriwijaya Palembang Bukit, Palembang, Minggu (15/4).

Dari situ Hafiz memulai membuka komunikasi dengan Ustadz Subhan dan mengutarakan niatnya untuk membawa Motor Bikers Indonesia ke Kota Palembang.

"MBI merupakan komunitas bikers yang memiliki tujuan meningkatkan ilmu agama, keimanan, ibadah dan amal sholeh untuk para member komunitas pada khususnya dan para bikers pada umumnya. Muslim Bikers Indonesia hadir guna meningkatkan persaudaraan (ukhuwah) antar anggota komunitas dan masyarakat," ujarnya.

Pertemuan Hafiz dan Ustadz Subhan pun terjadi tidak disangka-sangka saat sedang melakukan sholat di salah satu mushola. Hubungan yang semakin intens dan keinginannya untuk membawa MBI ke Palembang pun disambut baik oleh Ustadz.

"Awalnya saya pernah bertemu dengan ustadz Subhan saat Bandung bike week lalu pertemuan selanjutnya saat sholat di mushola, waktu itu ketemu tidak sengaja. Dari pertemuan itu sambungan silahturahmi semakin dekat. Saya memaparkan misi dan visi didepan beliau, dan ustadz Subhan setuju jika MBI dibuka di luar Jawa," ujarnya.

Dengan moto, Born to pray, jorney to Jannah, Muslim Bikers Indonesia Chapter Palembang resmi dibentuk tanggal 5 Oktober 2017 dan di deklarasi pada 7 April 2018 langsung oleh ustadz Subhan.

"Hidup untuk beribadah, perjalan hidup untuk akhirat, kira-kira itu arti dari Born to Pray, Journey to Jannah. Dengan adanya MBI, diharapkan syiar agama Islam dapat berkembang lebih pesat. Bahkan dukungan sesama komunitas motor pun mengalir saat deklarasi. Baik dari komunitas IMI, MBC, NMAX bahkan, Kapolresta Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono HB, dan Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin ikut hadir dan meresmikan," ujar Hafiz, ketua MBI Chapter Palembang.

Untuk bergabung bersama MBI Palembang cukup mudah, ay muslim memiliki kendaraan dan SIM C, motor bebas, patuh terhadap ADRT komunitas. Berakhlak mulia dan lemah lembut dan penting untuk mengikuti kajian Sunnah yang ada.

"Untuk bergabung sangat mudah, cukup mengikuti aturan dan pastinya selalu datang kajian Sunnah yang rutin diadakan Jumat bada Isya dan Minggu bada Subuh. MBI dibentuk dengan tujuan meningkatkan ilmu agama, keimanan, ibadah dan amal sholeh untuk para member komunitas pada khususnya dan para bikers pada umumnya," ujarnya.

Muslim Bikers Chapter Palembang yang merupakan komunitas MBI pertama diluar Jawa nantinya selain mengadakan kajian bersama juga akan mengadakan kajian mengenai sejarah perkembangan Islam di Palembang, dengan tujuan mengajak kembali anak muda Islam untuk mengenal sejarah kejayaan Islam di Nusantara.

"Tetap tujuan utama kami yang pasti sebagai elemen masyarakat, ingin ikut menjaga kerukunan antar umat beragama dan muslim. Apa lagi mendekati bulan ramadhan juga kami akan kemasjid-masjid untuk mengenalkan sunah dibulan ramadhan. Dengan memberikan pamplet pada umat, berisikan Hadist Rasulallah," pungkasnya

Penulis: Rangga Erfizal
Editor: Odi Aria Saputra
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help