SriwijayaPost/

2 Train Set LRT Tiba di Boombaru, Uji Coba Dua Bulan

Rangkaian gerbong Light Rail Transit (LRT) sudah tiba di Kota Palembang, Rabu (11/4). Rangkaian gerbong yang diberangkatkan dari pelabuhan

2 Train Set LRT Tiba di Boombaru, Uji Coba Dua Bulan
SRIPOKU.COM/Syahrul Hidayat
GERBONG LRT - Pekerja dibantu alat berat menurunkan train set LRT di Pelabuhan Boombaru, Palembang, Rabu (11/4/2018). Sebanyak dua train set (enam gerbong) kereta ringan/LRT tiba di Pelabuhan Boombaru, selanjutnya siap diujicobakan pada akhir bulan April 2018. SRIPO/SYAHRUL 

SRIPOKU.COM , PALEMBANG - Rangkaian gerbong Light Rail Transit (LRT) sudah tiba di Kota Palembang, Rabu (11/4). Rangkaian gerbong yang diberangkatkan dari pelabuhan Tanjung Priok, tiba lebih cepat dua hari dari perkiraan awal.

Berita Lainnya:  Sekda Sumsel: Alhamdulillah Trainset LRT Sampai di Palembang. Warganet Beri Respon Luar Biasa

Kereta ringan LRT buatan dalam negri yang dimotori oleh PT Industri Kereta Api (INKA) Madiun tersebut, dibuat oleh tangan-tangan putra-putri terbaik Sumatera Selatan. Hal ini diungkapkan oleh Sekertaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan Nasrun Umar saat meninjau langsung kedatangan rangkaian Trainset LRT.

"LRT khusus Palembang yang dibuat oleh PT INKA Madiun tersebut dikerjakan putra Sumatera Selatan dan saya sempat bertemu langsung, ada yang rumahnya di daerah kandang kawat," ujarnya.

Kereta yang dibuat oleh PT INKA tersebut bukan sembarang kereta. Menurut Nasrun, pengerjaan kereta tersebut melalui proses standar internasional dan diawasi secara langsung oleh pengawas dari Jerman.

Dua rangkaian trainset yang terdiri dari 6 gerbong tersebut dapat menampung 650 hingga 750 penumpang baik yang berdiri maupun duduk. Sebab, satu gerbong kereta dapat menampung sekitar 250 penumpang.

"Satu train set terdiri dari 3 gerbong yang dapat menampung 650 hingga 750 penumpang. Nantinya para penumpang akan sangat nyaman berada di kereta, tidak kepanasan, pokoknya complicated," ungkapnya.

Pantauan Sripo di Pelabuhan Boom Baru saat penurunan kereta ringan buatan PT INKA Madiun tersebut, butuh waktu 30 menit untuk benar-benar sampai menginjakan kaki-kaki kereta di Bumi Sriwijaya. Proses bongkar muat dari kapal Landing craft tank (LCT) dengan nama lambung Maritindo Perkasa menggunakan Gantry Crane milik Pelindo II Palembang.

Kereta LRT yang nantinya dipergunakan untuk operasional Asian Games tersebut disambut oleh Nasrun Umar secara langsung. Menurut Nasrun kedatangan kereta ini merupakan kebanggaan Provinsi dan masyarakat Sumatera Selatan dan menandakan sistem transportasi modern.

"Kita bersyukur kereta telah tiba, saya tidak mengatakan ini untuk Asian games, LRT ini untuk masyarakat semua," ujar Nasrun saat bertemu awak media.

Halaman
12
Penulis: Rangga Erfizal
Editor: Bedjo
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help