UNBK

Sarana Pendukung tak Memadai untuk UNBK, SMAN 20 Palembang Terpaksa UNKP

Dari total 22 SMA Negeri yang ada di Kota Palembang, hanya SMA Negeri 20 Palembang yang masih menerapkan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

Sarana Pendukung tak Memadai untuk UNBK, SMAN 20 Palembang Terpaksa UNKP
SRIPOKU.COM/YULIANI
Para siswa SMAN 20 Palembang saat melaksanakan UNKP, Selasa (10/4/2018). 

 Laporan wartawan Sripoku.com, Yuliani

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Dari total 22 SMA Negeri yang ada di Kota Palembang, hanya SMA Negeri 20 Palembang yang masih menerapkan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP). Pasalnya sarana komputer yang belum mencukupi, sehingga sekolah masih menggunakan sistem manual untuk ujian.

Usai ditemui saat memantau lokasi UN SMA, Kepala Disdik provinsi Sumsel Drs Widodo MPd, mengatakan untuk sekarang sudah ada 85 persen atau sekitar 55.540 siswa/ SMA di Sumsel menggelar UNBK, dan sisanya 15 persen atau 9.700 masih UNKP.

"Kalau kita data sebagian memang banyak di luar daerah kota Palembang. Jadi total yang ikut UN sebanyak 65.240 siswa/i SMA di Sumsel," katanya, Selasa (10/4/2018).

Baca: Peduli Sesama, Satuan Lantas Polresta Palembang Anjangsana ke Warga Kurang Mampu

Pihaknya mengakui dari 22 SMA Negeri di kota Palembang, masih ada 1 yang masih menerapkan UNKP.

"Setelah kita mendata memang betul SMA Negeri 20 Palembang masih menggunakan UNKP. Sebagian lagi ada beberapa Kabupaten masih menggunakan UNKP, kita sendiri tidak bisa memaksa, karena sarana dan prasarananya belum mencukupi," jelasnya.

Para siswa SMAN 20 Palembang saat melaksanakan UNKP, Selasa (10/4/2018).
Para siswa SMAN 20 Palembang saat melaksanakan UNKP, Selasa (10/4/2018). (SRIPOKU.COM/YULIANI)

Berhubung SMA Negeri 20 Palembang dekat dengan Disdik Provinsi Sumsel, makanya Kepala Disdik ingin mengecek dan melihat sendiri agar sekolah tersebut di menerapkan UNBK.

Baca: Hati-Hati Jika Sering Menggunakan Sedotan Plastik, Ini Bahayanya

"Setelah kita lihat, ternyata hanya 5 komputet yang masih berfungsi dan sisanya banyak rusak. Tentu setelah kita meninjau ini sangat berharap di tahun depan, tidak hanya di Palembang melainkan semua Kabupaten/kota lainnya bisa menggelar UNBK 100 persen," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Yuliani
Editor: Reigan Riangga
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help