RSUD Gandus Segera Beroperasi Ada 50 Kamar Hingga Dokter Spesialis

Rumah sakit tipe C ini akan ditempati sebanyak 50 tempat tidur pasien, IGD dan dokter spesialis.

RSUD Gandus Segera Beroperasi Ada 50 Kamar Hingga Dokter Spesialis
Sripoku. com /Yandi Triansyah
RSUD Gandus 

Laporan Wartawan Sripoku.com Yandi Triansyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gandus tak lama lagi bakal dioperasionalkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.

Saat ini pembangunan sudah selesai, hanya menyisakan pagar RS.

Rumah sakit tipe C ini akan ditempati sebanyak 50 tempat tidur pasien, IGD dan dokter spesialis.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Palembang, Letizia mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan perlengkapan rumah sakit dan alat kesehatan dan furniturnya.

Setelah perlengkapan semua dipenuhi, pihaknya bakal mengoperasionalkan rumah sakit tersebut.

"Untuk bangunan sih sudah selesai ya, tidak ada masalah," katanya Senin (9/4/2018)

Meski mengaku tidak ada masalah, namun sayangnya Letizia belum dapat memastikan kapan RD Gandus ini akan beroperasi. Pasalnya, sampai saat ini Dinkes masih menunggu perlengakapan alat kesehatan dan furniturenya.

"Kita masih dalam proses persiapan mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah dapat beroperasi," ujarnya.

Sementara Sekretaris Dinkes, Alfarobi menambahkan, karena adanya keterbatasan dana dari Pemkot Palembang, nantinya Pemkot Palembang tidak akan melakukan rekrument Sumber Daya Manusia (SDM).‎ SDM yang akan ditugaskan di RS Gandus ini nantinya akan berasal dari para pegawai yang ada di puskesmas di kota Palembang.

"Berapa banyak SDM yang dibutuhkan kita belum tahu, belum dihitung secara rinci ya," katanya.‎

Alfarobi menyebutkan, untuk sementara RS Gandus ini juga bisa menanganani penyakit spesialis di faskes 2. Namun, Pemkot Palembang juga sudah merancang RS Gandus ini, dengan dokter-dokter spesialis bedah dan penyakit dalam.

"Kalau SDM kita cukuplah ya. Dokter spesialis kita di puskesmas banyak, ada juga yang lagi sekolah. Tapi semua itukan harus disesuaikan dengan alat. Kita bertahap dulu sajalah," tegasnya.

Alfarobi menjelaskan, sebenarnya rumah sakit di kota Palembang banyak, dan sudah cukup menampung warganya yang sakit. Namun, sebagai ibukota provinsi, rumah sakit di Palembang ini, dijadikan tempat rujukan bagi rumah sakit di daerah.

Sehingga, saat ini Pemkot Palembang terus mematakan, kawasan mana saja yang belum memiliki rumah sakit, sehingga dibangunlah rumah sakit ini di kawasan Gandus, dan menelan biaya sekitar Rp 14 Miliar.‎

"Di Alang-Alang Lebarkan ada RS Ernaldi Bahar, di Sematang Borang ada RS Karya Asih. Di daerah Pusri adalah RS Pusri, hanya di Gandus yang belum memiliki rumah sakit‎. Tapi karena dana kitakan terbatas, kita bangun secara bertahap dulu. Sekarang apa adanya dulu, baru nanti dibangun sekelas RSUD Bari itu," terangnya.

Penulis: Yandi Triansyah
Editor: Yandi Triansyah
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help