Antisipasi Gangguan Kelistrikan, PLN Lakukan Pemangkasan Pohon

Salah satu penyebab padamnya aliran listrik yang paling dominan adalah karena gangguan pohon.

Antisipasi Gangguan Kelistrikan, PLN Lakukan Pemangkasan Pohon
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Petugas PLN Rayon Muaraenim saat melakukan pemangkasan dahan dan ranting pohon yang mengganggu jaringan listrik PLN. 

Laporan wartawan sriwijaya post, Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARAENIM - Untuk mengantisipasi terjadinya gangguan distribusi listrik pada jaringan, Petugas PLN Muaraenim melakukan pemangkasan pohon-pohon yang berada di dekat jaringan listrik di Muaraenim, Minggu (1/4/2018).

Menurut Manajer Rayon PLN Muaraenim Randhy, salah satu penyebab padamnya aliran listrik yang paling dominan adalah karena gangguan pohon.

Karena itu, petugas harus rutin menyelusuri jaringan untuk membersihkan pohon yang berpotensi menganggu jaringan listrik tersebut terutama ketika musim hujan.

Namun dalam pemangkasan pohon tersebut, pihaknya tetap akan meminta izin kepada warga dan sekaligus sosialisasi jika dahan dan ranting pohon yang berada di dekat jaringan bisa mengganggu distribusi listrik ke rumah pelanggan.

"Gangguan listrik karena ranting atau batang pohon yang menyentuh jaringan sering kali tidak dapat diprediksi kapan waktunya, dan pemulihannya pun membutuhkan waktu yang tidak sedikit karena petugas harus menelusuri sepanjang jaringan," ujarnya.

Menurut Randhy, berdasarkan Peraturan Menteri ESDM No. 18 Tahun 2015, Right Of Way (ROW) atau ruang bebas adalah ruang yang dibatasi oleh bidang vertikal dan horizontal di sekeliling dan di sepanjang konduktor SUTT, SUTET, atau SUTTAS di mana tidak boleh ada benda di dalamnya demi keselamatan manusia, makhluk hidup, dan benda lainnya serta keamanan operasi SUTT, SUTET, dan SUTTAS.

Untuk itu harus dilakukan pemangkasan pohon yang berada di dekat jaringan listrik milik PLN, selain untuk menjaga keamanan pasokan listrik, namun juga menjaga keselamatan masyarakat dan lingkungan di sekitar jaringan listrik.

Sebab posisi aman jarak Jaringan Tegangan Menengah (JTM) dengan pepohonan atau bangunan di bawahnya adalah kurang lebih tiga meter.

Masih dikatakan Randhy, dalam melaksanakan pembersihan jaringan listrik dari benda-benda yang berpotensi mengganggu kontinuitas pasokan listrik tersebut, PLN memiliki Tim Khusus yang disebut Tim ROW.

Halaman
12
Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help