Ragamku

Kurang Percaya Diri? Cobalah Teratur Berolahraga. . .

Kita pasti pernah mengalami hari-hari di mana rasa percaya diri menurun dan membuat kita merasa butuh seseorang yang bisa membantu kita.

Kurang Percaya Diri? Cobalah Teratur Berolahraga. . .
sehatalamiku.com
Ilustrasi 

SRIPOKU.COM - Kita pasti pernah mengalami hari-hari di mana rasa percaya diri menurun dan membuat kita merasa butuh seseorang yang bisa membantu kita.

Biasanya, saat merasakan hal tersebut kita langsung mencurahkannya pada sahabat atau buku harian. Tapi, laman Elite Daily melaporkan bahwa olahraga juga mampu meningkatkan rasa percaya diri.

Berita Lainnya:  Bersyukur Bisa Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Perubahan fisik yang terjadi karena olahraga akan membuat kita terlihat lebih baik. Yah, olahraga memang memberikan dampak besar tak hanya bagi fisik, tapi juga bagi kesehatan mental.

Inilah yang akhirnya meningkatkan rasa percaya diri kita.

Menurut Mental Health Foundation, kepercayaan diri seringkali mengacu pada bagaimana kita benar-benar merasakan esensi dalam diri kita sendiri. Ini adalah kunci dari kesejahteraan mental dan kemampuan kita untuk mengatasi tekanan hidup.

Menurut American Psychological Association (APA), olahraga memiliki efek meningkatkan suasana hati dengan cepat, biasanya sekitar lima menit setelah kalian berkeringat.

Berkeringat saat berolahraga membuat produksi endorfin meningkat dan membuat kita merasakan hal yang luar biasa. Inilah yang membuat olahraga memiliki efek jangka panjang pada kesehatan mental.

APA melaporkan jika olahraga dilakukan secara konsisten, maka dapat membantu mengurangi perasaan depresi dan kecemasan jangka panjang, dan pada gilirannya, dapat membantu kita mempertahankan rasa percaya diri yang positif.

Selain itu, riset tahun 2000 yang diterbitkan dalam the International Journal of Sport Psychology menemukan bahwa aktivitas fisik secara teratur adalah cara yang sangat efektif untuk membangun kepercayaan diri bagi orang-orang yang konsisten berolahraga selama enam bulan.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved