SriwijayaPost/
Home »

Video

News Video Sripo

Galian Utilitas Bikin Jalan Palembang Amburadul Kontraktor di Deadline hingga 31 Maret

Akibatnya, jalanan menjadi kotor dan memunculkan lubang-lubang baru yang terpakai akibat adanya penggalian utilitas tersebut.

Laporan Wartawan Sripoku.com, Rangga Erfizal

SRIPOKU.COM,PALEMBANG-- Kepala Dinas PUPR Kota Palembang, Bastari Yusak, mengatakan, ada banyak sekali komplain ke Dinas PUPR soal galian ini, namun Dinas PUPR tidak bisa berbuat banyak karena sebagian besar galian ini dilakukan di jalan provinsi dan jalan nasional.

Seperti di Jl Angkatan 45 itu adalah jalan milik provinsi, sedangkan Jl Demang Lebar Daun dan Jl Kol H Burlian merupakan jalan nasional.

Bastari mengatakan, untuk pengerjaan di jalan milik Kota Palembang, pihaknya akan mengubah sistem penggalian yang tradisional menjadi lebih modern.

PUPR akan menerapkan sistem clean contruction dengan prinsip gali, pasang, timbun, dikembalikan seperti semula. Dengan sistem yang akan diterapkan ini, para kontraktor hanya boleh melakukan penggalian sesuai dengan kemampuan pemasangannya.

"Selama ini yang terjadi di kota Palembang, kontraktor melakukan penggalian tidak sesuai dengan kebutuhan. Maksudnya, para kontraktor yang melakukan penggalian, tidak mengembalikan bekas lubang galian seperti semula," ujarnya.

Hal itu terjadi, karena para kontraktor melakukan melakukan penggalian melebihi kebutuhan.

Akibatnya, jalanan menjadi kotor dan memunculkan lubang-lubang baru yang terpakai akibat adanya penggalian utilitas tersebut.

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah Sumatera V mengakui sudah melayangkan surat peringatan bekali-kali kepada pihak PLN yang kerap melakukan pekerjaan galian tidak sesuai prosedur.

Terutama untuk pengerjaan galian di sepanjang Jl Demang Lebar Daun yang dianggap amburadul dan acak-acakan sehingga mengotori jalan dan bahkan menimbulkan genangan di badan jalan.

Halaman
12
Tags
Galian PLN
Penulis: Rangga Erfizal
Editor: Igun Bagus Saputra
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help