Cara Mudah Mendeteksi Mobil Diesel yang 'Masuk Angin'

Mobil mesin diesel bisa juga mengalami "masuk angin". "Masuk angin" ini maksudnya ada udara yang terperangkap di dalam saluran bahan bakar

Cara Mudah Mendeteksi Mobil Diesel yang 'Masuk Angin'
autoexpress.co.uk
Ilustrasi - Mobil Nissan Diesel Navara. 

SRIPOKU.COM , JAKARTA - Mobil mesin diesel bisa juga mengalami "masuk angin". "Masuk angin" ini maksudnya ada udara yang terperangkap di dalam saluran bahan bakar mesin diesel.

"Biasanya masuk angin ini terjadi saat bahan bakar diesel di tanki mobil kosong atau sudah sedikit, sehingga udara tersedot pompa injeksi." ucap Andi Pemilik Bengkel Sinar Sakti, Tebet, Jakarta Selatan.

Berita Lainnya:  Mobil Diesel Ramah Lingkungan

Cara mendeteksinya pastinya mesin susah di-starter, dan cermati pula volume bahan bakar diesel di tangki melalui indikator di dasbor.

Kalau jumlahnya kurang dari seperempat tangki atau bahkan kosong, berarti mobil mesin diesel positif "masuk angin".

Atau cari tahu riwayat pengisian bahan bakar terakhir, apakah pengisian dilakukan ketika seperempat tangki atau bahkan di bawahnya?

Soalnya, walau sudah diisi bahan bakar diesel hingga penuh, tapi saat diisinya tangki nyaris kosong maka mesin sudah "masuk angin" duluan.

"Penyebab lain mesin diesel 'masuk angin', yaitu ketika melakukan penggantian komponen pada sistem bahan bakar, sehingga harus melepas beberapa komponen seperti slang bahan bakar, filter bahan bakar dan injektor. Ketika bagian tersebut dibuka, udara luar akan berpotensi masuk," lanjut Andi.

Sumber: Otomotif Net

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs http://www.tribunnews.com/otomotif/ dengan Judul:
Cara Mudah Deteksi Mobil Diesel yang 'Masuk Angin'

Editor: Bedjo
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help