Guru Diimbau untuk Fokus Mengajar dan tidak Terlibat dalam Kegiatan Kampanye Politik

Meskipun statusnya non PNS tapi meninggalkan tugas saat mengajar itu tidak dibenarkan.

Guru Diimbau untuk Fokus Mengajar dan tidak Terlibat dalam Kegiatan Kampanye Politik
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Sekretaris Disdikbud Muaraenim, Zainal Abidin

SRIPOKU.COM, MUARAENIM - Memasuki masa kampanye Pilkada 2018, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaraenim menghimbau kepada seluruh guru PNS dan non PNS untuk fokus melakukan kegiatan belajar dan mengajar dan tidak ikut serta dalam kegiatan kampanye politik.

"Kalau untuk guru PNS sudah jelas aturannya, namun untuk guru non PNS meski tidak ada sanksinya tetapi sebaiknya fokus saja mengajar, apalagi sampai ada yang meninggalkan tugas mengajar hanya demi kampanye, kasihan anak-anak tidak belajar," ujar Sekretaris Disdikbud Muaraenim Zainal Abidin didampingi Kabid Dikdas Sarkani, Rabu(14/3/2018).

Menurut Zainal Abidin, meskipun statusnya non PNS tapi meninggalkan tugas saat mengajar itu tidak dibenarkan.

Jika terdapat guru non PNS meninggalkan tugas mengajar demi mengikuti kepentingan kampanye dan menelantarkan siswa, maka pihaknya akan memberikan sanksi secara tegas terhadap oknum guru tersebut.

Dan jika pihak sekolah patut diduga mengetahuinya, apalagi memfasilitasinya tentu juga akan kami tegur.

"Silahkan saja jika mereka (guru non PNS) ingin mengikuti kegiatan apapun di luar sekolah dan jam mengajar, asal tidak meninggalkan tugas pokoknya mengajar, sebab disana ada kewajiban dan tanggungjawabnya sebagai guru," katanya.

Ditambahkan, Sarkani, guru yang berstatus PNS untuk tidak terlibat dalam kampanye Pilkada dalam bentuk apapun tanpa terkecuali, kalau masalah pilihan itu adalah hak masing-masing sebagai WNI.

"Fokus saja pada tupoksi masing-masing, tidak usah ikut-ikutan, karena sudah jelas larangannya ASN tidak boleh terlibat dalam kampanye," tukas Sarkani.

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help