Mudik Lebaran

4 Cara Mudik Lebaran Paling Ideal

Ada beragam moda transportasi yang bisa digunakan pemudik saat musim Lebaran dari Jakarta menuju Surabaya. Mulai dari jalur darat, laut dan udara.

4 Cara Mudik Lebaran Paling Ideal
www.aktualpost.com
Mudik naik motor. 

SRIPOKU.COM , JAKARTA – Ada beragam moda transportasi yang bisa digunakan pemudik saat musim Lebaran dari Jakarta menuju Surabaya. Mulai dari jalur darat, laut dan udara.

Berita Lainnya:  Mau Mudik dan Butuh Tiket Lebih Awal ? Cari Tiketnya Disini, Ada Diskon 15 % lho!

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan, ada sejumlah ruas tol yang akan kembali dibuka fungsional pada 2018 ini. Meski demikian, kondisinya jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu.

“Kami ingat, tahun lalu dalam kondisi darurat dengan jalan berdebu. Sebagian lean concrete dan sebagian masih perkerasan. Tahun ini, Insya Allah sudah dibeton dan untuk lapisan tanah yang lunak atau fleksibel kami lapis dengan aspal,” kata Basuki.

Kehadiran tol, menjadi salah satu pilihan jalur bagi pemudik, bila ingin menggunakan kendaraan pribadi. Namun bila tidak, masih ada tiga moda transportasi lain yang bisa digunakan yaitu kereta api, pesawat terbang, atau kapal laut.

Kompas.com mencoba memberikan gambaran bagi pemudik dalam memilih moda transportasi yang paling ideal untuk digunakan saat mudik lebaran.

1. Kendaraan pribadi via tol
Setiap tahun, jumlah pengguna kendaraan pribadi yang mengakses jalan tol kian bertambah, seiring bertambah panjangnya ruas tol yang dibangun.

Muatan yang cukup banyak, serta kemudahan tranportasi di kota tujuan, menjadi alasan bagi masyarakat memilih menggunakan kendaraan pribadi saat mudik.

Sebagai simulai, keberangkatan pemudik dimulai dari Tol Jakarta-Cikampek hingga Tol Mojokerto-Surabaya, sepanjang 635 kilometer. Adapun kocek yang harus disiapkan untuk membayar tarif tol sekitar Rp 481.150.

Halaman
123
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help