Bawa Power Bank di Pesawat

Tidak Bebas Lagi Bawa Power Bank di Pesawat

Bagi penggila sosial media (Sosmed) Android dan Power Bank --dua komponen yang tidak bisa lepas dari tangan

Tidak Bebas Lagi Bawa Power Bank di Pesawat
kompas.com
Maskapai Terapkan Aturan tentang "Power Bank" bagi Penumpang Andri Donnal Beda baterai, beda perlakuan. Aturan FAA mensyaratkan kriteria khusus untuk baterai lithium lantaran dinilai lebih berbahaya. Beda baterai, beda perlakuan. 

Tidak Bebas lagi Bawa Poer Bank di Pesawat

SRIPOKU.COM,  JAKARTA --- Bagi penggila sosial media (Sosmed) Android dan Power Bank --dua komponen yang tidak bisa lepas dari tangan. Sebab, aktifitas loading dan browsing mempercepat batrai kehabisan stok.

Sehingga, kalau tidak aliraan listrik melakukan  pengisian, Power Bank satu-satunya  alternative pengisian yang harus siap di tangan, dimana dan kapan pun.

Tidak terkecuali saat dalam perjalanan udara.

Ilustrasi
Ilustrasi (ISTIMEWA)

Namun keleluasaan membawa  power bank, ke depan tidak lagi sebebas sebelumnya.  

Hal itu terlihat dari kebijakan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan yang mengeluarkan Surat Eda ran Nomor 15 Tahun 2018 tentang Ketentuan Membawa Pengisi Baterai Portabel dan Baterai Litium Cadangan pada Pesawat Udara.

Aturan yang berlaku per 9 Maret 2018 ini sudah diterapkan sejumlah maskapai saat ini.

"Ketentuan itu telah diatur sebagaimana kebijakan standardisasi keselamatan penerbangan Kementerian Perhubungan," kata Senior Manager Public Relation Garuda Indonesia Ikhsan Rosan saat dihubungi Kompas.com, Selasa (13/3/2018).

Ikhsan menjelaskan, berdasarkan ketentuan yang ditetapkan, besaran daya power bank yang diizinkan dibawa ke pesawat adalah yang berkapasitas maksimal 20.000 milliamps hour (mAh) atau tidak lebih ari 100 watt per hour dengan voltase 5 volt.

Sebuah pesawat B-1B Lancer dari Sayap Ekspedisi Utara Angkatan Udara AS sedang dalam misi serangan di Afganistan/ilustrasi.
Sebuah pesawat B-1B Lancer dari Sayap Ekspedisi Utara Angkatan Udara AS sedang dalam misi serangan di Afganistan/ilustrasi. (KOMPAS.COM)

Jika penumpang membawa power bank dengan daya yang lebih dari itu, wajib melaporkannya kepada petugas untuk mendapatkan persetujuan.

Halaman
12
Penulis: Salman Rasyidin
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved