Google Doodle Hari Ini, Siapa Sir William Henry Perkin Ini?

Kalau bukan karena penemuan Sir Henry William Perkin, industri tekstil saat ini mungkin masih kesulitan memproduksi pewarna, khususnya

Google Doodle Hari Ini, Siapa Sir William Henry Perkin Ini?
Internet
Sir William Henry Perkin. 

SRIPOKU.COM - Kalau bukan karena penemuan Sir Henry William Perkin, industri tekstil saat ini mungkin masih kesulitan memproduksi pewarna, khususnya untuk warna ungu yang dulu terkenal mahal.

Berita Lainnya:  Produk Tekstil Impor Diprediksi Makin Banjiri Indonesia

Sir Henry William Perkin, seorang ahli kimia asal Inggris, menemukan pewarna sintetis secara tidak sengaja saat sedang bersih-bersih laboratorium usai melakukan eksperimen untuk membuat quinine (obat malaria) sintetis pada 1856.

Residu larutan kimia yang coba dibersihkan Sir Henry William Perkin dengan alkohol ternyata meninggakan noda berwarna ungu terang. Setelah diuji, ternyata “noda” tersebut bisa digunakan sebagai pewarna pakaian yang stabil dan tahan lama.

Alih-alih membuat quinine yang ditugaskan oleh dosennya di Royal College of Chemistry, London, ketika itu, Sir Henry William Perkin pun malah menemukan pewarna sintetis (aniline dye) pertama.

Produk perdananya yang berwarna ungu tadi dinamai sebagai “mauveine”. Pada era tersebut, warna ungu banyak dicari untuk pewarna pakaian karena berkesan aristokrat. Namun, pewarna ungu mahal dan sukar diperoleh.

Penemuan mauveine membuat warna ungu jadi mudah dan murah untuk diterapkan di pakaian. Sir Henry William Perkin pun beralih ke sektor manufaktur untuk memproduksi mauveine yang lantas laku keras dan memicu tren warna ungu di dunia fashion ketika itu.

Saking ngetrennya, bahkan Ratu Inggris Victoria mengenakan gaun ungu yang diwarnai dengan mauveine saat berada di Royal Exhibition tahun 1862.

Penemuan Sir Henry William Perkin segera diikuti oleh kemunculan pewarna sintetis lain, seperti fuchsine, safranine, dan induline. Sir Henry William Perkin sekaligus mengawali berdirinya industri kimia untuk pewarna sintetis dan kerabatnya, industri farmasi.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari keterangan di laman Google Doodle, Senin (12/3/2018), doodle hari ini dibuat untuk mengenang Sir Henry William Perkin yang lahir 180 tahun lalu pada 1838. Perancangnya adaalah ilustrator Sonny Ross yang juga asal Inggris seperit Perkin.

Sir Henry William Perkin dianugerahi gelar bangsawan “Sir” pada 1906. Dia meninggal dunia setahun setelahnya karena pneumonia dan komplikasi lain.

PenulisOik Yusuf
SumberGoogle Doodle

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved