Dana Sekolah Gratis Cair, Penggunaannya Diatur Sekolah Termasuk Bayar Honor

Di tahun 2018 ini Disdik Sumsel menganggarkan dana untuk pendidikan, diluar DAK (dana alokasi khusus) Rp 239 miliar.

Dana Sekolah Gratis Cair, Penggunaannya Diatur Sekolah Termasuk Bayar Honor
SRIPOKU.COM/YULIANI
Drs Widodo MPd, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --Dalam waktu dekat, Dinas Pendidikan (Disdik) provinsi Sumatera selatan (Sumsel) memastikan dana Program Sekolah Gratis (PSG) akan segera cair.

Pasalnya sore ini, Kamis (8/3) Kepala Disdik Sumsel Drs Widodo MPd telah menandatangi Surat Perintah Membayar (SPM) sebesar Rp47.672.858.000 yang langsung diserahkan ke BPKAD.

Widodo berharap Senin nanti, sudah masuk ke rekening sekolah masing-masing.

Selain itu penggunaan dana diatur oleh sekolah dengan mempedomani ketentuan yang ada dan Rencana kegiatan anggaran sekolah (RKAS) masing-masing.

Selain hal tersebut Widodo menerangkan, pada 2018 pihaknya menganggarkan dana untuk pendidikan diluar DAK (dana alokasi khusus) Rp 239 miliar.

“Dari jumlah itu, kami alokasikan untuk membayar gaji sekitar 600-an guru honorer SMA/SMK yang lulus verifikasi dan kantongi SK Gubernur Rp1,8 juta per orang per bulan,” ujarnya.

Sementara sisanya, sekitar tiga ribuan guru honor yang belum lulus verifikasi (honor lain) dibayar oleh kepala sekolah berdasarkan SPK (surat perjanjian kerjasama) dihitung per jam.

Aturan pembayaran honor per jam itu mengacu pada juknis penggunaan dalam PSG.

"Pemprov hanya akan membayar guru honor SK Bupati/walikota dan SK kepala dinas atas nama kepala daerahnya. Sedangkan honor sekolah akan dibayar oleh program sekolah itu sendiri apakah diambil dari APBN, APBD atau bantuan masyarakat yang tertuang dalam Rencana kegiatan anggaran sekolah (RKAS) dengan diketahui kepala daerah atau yang diberi kewenangan oleh kepala daerah,” ujarnya. 

Penulis: Yuliani
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help