Gabriel Garcia Marquez Hiasi Laman Google Doodle Hari Ini, Siapakah Dia?

Laman mesin pencari Google hari ini, Selasa (6/3/2018), dihiasi doodle berwarna-warni. Digambarkan sosok pria berkumis yang seakan penuh imajinasi.

Gabriel Garcia Marquez Hiasi Laman Google Doodle Hari Ini, Siapakah Dia?
theransomnote.com
Gabriel Garcia Marquez. 

SRIPOKU.COM - Laman mesin pencari Google hari ini, Selasa (6/3/2018), dihiasi doodle berwarna-warni. Digambarkan sosok pria berkumis yang seakan penuh imajinasi.

Berita Lainnya:  4 Fakta Teresa Tang, Penyanyi Taiwan yang Masuk Google Doodle dan Bisa Nyanyi Lagu Indonesia

Ternyata Google sedang merayakan ulang tahun Gabriel Garcia Marquez, yakni seorang novelis, jurnalis, penerbit, dan aktivis politik asal Kolombia. Ia merupakan salah satu tokoh utama untuk gaya sastra yang diistilahkan “realisme magis”, yakni semacam cerita rakyat.

Karya legendaris yang membuat Gabriel Garcia Marquez tenar adalah “Kisah tentang Seorang Pelaut yang Karam”. Ditulis bersambung di surat kabar pada 1955, novel itu menceritakan kisah nyata tentang kapal karam akibat banyak barang-barang selundupan.

Basisnya sebagai jurnalis membuat Gabriel Garcia Marquez kerap menulis novel non-fiksi. Kendati begitu, ia juga rajin menelurkan novel yang dikategorikan fiksi, atau lebih tepat bersifat realisme magis.

Novel realisme magis dari Gabriel Garcia Marquez yang terkenal adalah “Seratus Tahun Kesunyian”, mengisahkan kehidupan di sebuah desa di Amerika Selatan yang terasing dan banyak menghimpun kejadian-kejadian aneh tetapi dianggap lumrah.

Cerita itu merupakan refleksi filsafat tentang hakikat waktu dan keterasingan. Secara garis besar, karya-karya Gabriel Garcia Marquez sering mengangkat tema usia lanjut, kematian, dan penguburan.

Pada 1982, Gabriel Garcia Marquez menerima Penghargaan Nobel dalam Sastra. Lebih dari satu dekade setelahnya, pada 19999, ia didiagnosa menderita kanker kelenjar getah bening.

Musibah itu mendorongnya menulis memoar berjudul “Hidup untuk Menceritakan Kisahnya” yang terbit pada 2000 silam. Gabriel Garcia Marquez sendiri meninggal pada 17 April 2014 di usia ke-87.

Penulis: Fatimah Kartini Bohang
Sumber: wikipedia

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs https://tekno.kompas.com/ dengan Judul:
Gabriel Garcia Marquez Hiasi Laman Google Hari Ini

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help