AGENSIA HAYATI

Agensia Hayati Menjawab Tantangan 'Sustainable Forest Management'

Acacia merupakan jenis tanaman unggulan dalam pembangunan hutan tanaman industri di Indonesia. Dari total 2,5 juta ha hutan tanaman yang ada.

Agensia Hayati  Menjawab Tantangan 'Sustainable Forest Management'
ilustrasi

AGENSIA HAYATI
MENJAWAB TANTANGAN "SUSTAINABLE FOREST MANAGEMENT"

Oleh : Agustinus Simbolon

Praktisi Silvikulture

Acacia merupakan jenis tanaman unggulan dalam pembangunan hutan tanaman industri di Indonesia. Dari total 2,5 juta ha hutan tanaman yang ada.

Lebih dari 1 juta ha adalah hutan tanaman Acacia (Arisman dan Hardiyanto, 2005).

Acacia termasuk tanaman yang rawan terhadap serangan hama dan penyakit (Nair, 2001). Penyebab penyakit yang sering dijumpai adalah jenis jamur.

Pembangunan hutan monokultur dan seumur merupakan akumulasi bahan makanan bagi penyakit tertentu, sehingga diperlukan teknik dan upaya pencegahan serangan penyakit supaya resiko kegagalan pembangunan hutan dapat ditekan sampai pada tingkat di bawah nilai ekonomi.

Untuk itu penting diketahui jenis-jenis kerusakan pada tanaman Acacia yang disebabkan oleh penyakit dan alternatif pengendaliannya.

Dari berbagai sumber menunjukkan bahwa penyakit akar yang menyerang tanaman Acacia juga menyerang pada tanaman sejenisnya.

Usaha pengendalian penyakit pada saat ini umumnya menggunakan metode kimiawi yaitu dengan menggunakan pestisida sintetis.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved