Optimalisasi Potensi Daerah, Pemkab Musirawas Gandeng IPB

Adanya MOU antara Pemkab Mura dengan IPB ini diharapkan dapat melepas dari status Mura sebagai daerah tertinggal.

Optimalisasi Potensi Daerah, Pemkab Musirawas Gandeng IPB
IST
Pemkab Musirawas menggandeng Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB). Kerjasama ini dituangkan dalam penandatanganan MoU antara Bupati Musirawas, H Hendra Gunawan (dua dari kanan) dengan Rektor IPB Dr Arief Satria, Senin (26/2) di International Convention Centre IPB Baranangsiang, Bogor. 

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - Untuk memaksimalkan pemanfaatan potensi Sumber Daya Alam (SDA), Pemkab Musirawas menggandeng Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB).

Kerjasama ini dituangkan dalam penandatanganan MoU antara Bupati Musirawas, H Hendra Gunawan dengan Rektor IPB,  Dr Arief Satria, Senin (26/2/2018) di International Convention Centre IPB Baranangsiang, Bogor.

Sebagai tindak lanjut MoU tersebut, pada kesempatan yang sama juga ditandatangani Memorandum of Agreement (MoA) tentang penyelenggaraan penelitian dan pengembangan bidang pengembangan wilayah dan pertanian dalam arti luas yang dilaksanakan oleh Kepala Bappeda Musirawas Suharto Patih dengan Kepala LPPM IPB Dr Ari Hermawan.

Kesepakatan kerjasama yang dilaksanakan selama lima tahun ini meliputi kegiatan. Diantaranya kajian penyusunan masterplan pariwisata, kajian penyusunan masterplan kawasan sains dan teknologi dan perencanaan lahan pertanian pangan berkelanjutan untuk menjamin keberlanjutan pangan.

Kemudian kajian kelayakan kabupaten Musirawas sebagai outlet (pintu ekspor), perencanaan pengembangan pertanian terpadu (hulu-hilir), revitalisasi kawasan Agropolitan, pendampingan dan pemberdayaan masyarakat, sistem informasi agribinis, perencanaan daya dukung dan zonasi pengembangan sektor perikanan dan kajian percetakan sawah baru.

Bupati Musirawas, H Hendra Gunawan menyambut baik ditandatanganinya kerjasama ini. Diharapkan kedepan Kabupaten Musirawas memiliki konsep dan perencanaan dalam mengelola potensi dan SDA.

"Diharapkan kesepahaman bersama ini dapat ditindak lanjuti sesegera dan sebaik mungkin. Karena hal ini berkaitan dengan kemajuan Kabupaten Musirawas dan berdampak pada peningkatan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat," kata Hendra Gunawan.

Sementara itu, Rektor IPB, Dr Arief Satria menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Pemkab Musirawas atas ditandatanganinya MoU dan MoA ini.

Kesepakatan ini merupakan salah satu bentuk dari aplikasi Tridarma Perguruan Tinggi yakni dibidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Dikatakan, pihaknya melalui LPPM akan mengerahkan seluruh sumberdaya dan kemampuan untuk menindaklanjuti kesepakatan ini untuk bersama-sama pemerintah daerah dan masyarakat Musirawas dalam membangun dan memajukan daerah ini.

Dengan memiliki sembilan fakultas dan puluhan jurusan, dirinya meyakini MoU dan MoA ini dapat dilaksanakan dengan baik dan tujuan dalam kesepakatan bersama dapat tercapai. Sehingga Kabupaten Musirawas dapat terlepas dari status daerah tertinggal. (ahmad farozi)

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help