Home »

News

» Sains

Tumor Otak Terberat Dunia Berhasil Diangkat Dokter India

Di hari kasih sayang yang jatuh pada 14 Februari kemarin, seorang pria bernama Santlal Pal, 31, asal Uttar Pradesh, India berhasil melewati

Tumor Otak Terberat Dunia Berhasil Diangkat Dokter India
http://sains.kompas.com/
Santlal Pal bersama istrinya dan Dr Trimurti Nadkarni di rumah sakit BYL Nair, India setelah operasi. 

SRIPOKU.COM - Di hari kasih sayang yang jatuh pada 14 Februari kemarin, seorang pria bernama Santlal Pal, 31, asal Uttar Pradesh, India berhasil melewati operasi pengangkatan tumot otak.

Berita Lainnya:  Kasihan! Siswi SMA ini Idap Penyakit Tumor Ganas, Hanya BIsa Terbaring di Tempat Tidur

Ini bukanlah pengangkatan tumor otak biasa. Pal memiliki tumor yang beratnya 1,8 kilogram. Rumah sakit BYL Nair, India yang bersedia menanganinya mengatakan bahwa ini adalah pengangkatan tumor otak terbesar di dunia.

Sebelum berakhir di rumah sakit BYL Nair, Pal sebenarnya sudah mengunjungi beberapa rumah sakit. Sayang ia ditolak karena terlalu berisiko.

Tumor sudah terlihat menonjol dari atas tengkoraknya. Ia pun mengalami pembengkakan di bawah kulit kepala, sakit kepala, dan kedua matanya buta.

"Saat ia pertama kali datang pada 1 Februari nampak seperti ada dua kepala yang berhadapan, bahkan pembuluh kulit kepala menjadi berliku-liku dan melebar. Selain itu, pasien sama sekali tidak bisa melihat," ujar Dr Trimurti Nadkarni, profesir dan kepala bedah saraf di RS BYL Nair, dilansir Hindustan Times, Kamis (22/2/2018).

Ahli bedah segera menyelidiki penyebab kondisinya dengan bantuan pemindaian CT dan MRI.

Angiografi CT yang dapat memvisualisasikan pembuluh arteri dan vena ke seluruh tubuh dimanfaatkan untuk mempelajari suplai darah ke tumor. Dari sini menunjukkan bahwa pertumbuhan tumor telah menyebar ke kedua sisi otak melalui tulang tengkorak.

"Kami menjelaskan risikonya pada pasien dan keluarga sebelum operasi. Tumor akhirnya berhasil diangkat dalam operasi selama 7 jam pada 14 Februari dan menghabiskan 11 kantong darah. Setelah operasi, mesin ventilator dipasang selama tiga hari," jelas Nadkarni.

Ini merupakan tumor otak terbesar di dunia yang berhasil diangkat menyusul tumor otak seberat 1,4 kilogram yang diangkat pada 2002 olehnya. Menurut Nadkarni, tumor otak Pal berukuran 30x30x20 sentimeter.

"Tumor otak seperti ini sangat jarang terjadi dan merupakan tantangan karena harus kehilangan banyak darah. Dalam merawat pasien diperlukan kerja sama tim yang hebat dan pemantauan pra operasi yang intensif untuk hasil maksimal," kata Dr Ramesh Bharmal.

Saat ini, keadaan Pal telah membaik dan ia masih harus menjalankan proses penyembuhan dan masih mengonsumsi makanan berbentuk cair.

"Ia sudah terbebas dari beban berat di kepalanya," sambung Bharmal.

Penulis: Gloria Setyvani Putri
Sumber: Hindustan Times

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs http://sains.kompas.com/ dengan Judul:
Dokter India Berhasil Angkat Tumor Otak Terberat Dunia

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help