Tips Wisata Murah untuk Pelancong Indonesia Berwisata ke 52 Negara

Banyak jalan menuju Roma. Peribahasa tersebut cocok bagi pelancong yang ingin berwisata ke luar negeri dengan bujet terbatas.

Tips Wisata Murah untuk Pelancong Indonesia Berwisata ke 52 Negara
ISTIMEWA
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM - Banyak jalan menuju Roma. Peribahasa tersebut cocok bagi pelancong yang ingin berwisata ke luar negeri dengan bujet terbatas. Untuk dapat berwisata ke luar negeri bukan hal yang mustahil. Saat ini informasi lebih mudah didapat termasuk kiat dari sesama pelancong.

Berita Lainnya:  10 Kota Termurah di Dunia Buat Pelancong

Hendrick Hartono, pelancong asal Indonesia yang telah berkunjung ke 52 negara memberi tips agar dapat menghemat di luar negeri. Pria kelahiran 1990 ini terkenal dengan kecintaannya terhadap dunia wisata dan kopi yang membuatnya terus menambah daftar negara yang dikunjungi. Berikut tips Hendrick @hendrickhartono, sesuai wawancara saat bertemu di acara Take Me Anywhere 3 bersama OPPO F5 di Bali, Minggu (11/2/2018):

1. Berkunjung Saat 'Low Season'
"Setiap negara itu punya waktu low season dan high season. Jadi harus tahu sebelum pergi, waktu low season suatu negara," kata Hendrick.

Selain memilih waktu low season, Hendrick juga menyarankan untuk memanfaatkan promo pariwisata suatu negara. "Seperti Jepang, yang memudahkan berkunjung dengan e-paspor. Dengan itu juga kelihatan harga ke Jepang lebih terjangkau dibanding 10-15 tahun yang lalu," kata Hendrick.

Berburu tiket pesawat di pameran wisata menurut Hendrick juga membantu mengurangi pengeluaran.

2. Berbagi Akomodasi
"Saran saya lebih baik pergi berdua, karena dari segi pengeluaran untuk akomodasi dapat dibagi berdua," kata Hendrick.

Satu kamar hotel memang dapat ditempati oleh maksimal dua orang, sehingga dapat mengurangi beban pengeluaran. "Kecuali kalau berani tinggal di kapsul hotel atau hostel," kata Hendrick. Ia juga menyarankan rajin mencari promo akomodasi.

3. Pintar Cari Makanan Murah dan Layak
Tidak harus mahal, pelancong tetap dapat makan enak dan layak jika pintar memilih tempat makan. Beberapa mini market dan makanan kaki lima di luar negeri menjual hidangan yang lezat dan bersih.

4. Harus Berani
Hendrick juga mendorong para pelancong untuk mulai berani mengeksplor sendiri, tanpa perlu tur. "Harus berani untuk eksplor sendiri, riset sendiri, akomodasi sendiri," saran Hendrick. Alasannya, berwisata mandiri dapat mengurangi biaya tambahan dan tentunya lebih mudah mengatur pengeluaran, disesuaikan dengan kemampuan.

5. Memperluas Pergaulan Antar-bangsa
Lewat obrolan KompasTravel bersama Hendrick, ia memiliki banyak teman di luar negeri. Sehingga ketika berkunjung ke luar negeri, Hendrick dapat mengirit biaya akomodasi. "Sebaliknya kalau mereka datang ke sini, mereka bisa tinggal di tempat saya," kata Hendrick. Jadi tak ada salahnya untuk memperluas pergaulan antar-bangsa.

Penulis: Silvita Agmasari

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs http://travel.kompas.com/ dengan Judul:
Tips Wisata Murah untuk Pelancong Indonesia Berkunjung ke 52 Negara

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help