Pemilihan Bupati Empatlawang

KPU Rencana Pindahkan Lokasi Debat Paslon Diluar Empatlawang

Kota Palembang merupakan salah satu alternatif solusi untuk lokasi yang ideal menurut KPU Empatlawang.

KPU Rencana Pindahkan Lokasi Debat Paslon Diluar Empatlawang
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Komisioner KPU Provinsi Sumsel Divisi SDM dan Parmas A Naafi SH MKn 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumsel tidak mempermasalahkan KPU Empatlawang yang berencana untuk menggelar debat Paslon di luar wilayah Empatlawang, karena melihat kejadian yang terjadi pada deklarasi damai beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal tersebut Komisioner KPU Provinsi Sumsel Divisi SDM dan Parmas, A Naafi SH MKn mengatakan dalam PKPU 4/2017 tentang kampanye pemilihan pasal 20, debat publik atau debat terbuka diutamakan di daerah pemilihan.

"Pengutamaan ini tentu dengan mempertimbangkan pula situasi dan kondisi daerah yang harus disesuaikan karena debat ini harus disiarkan kepada publik melalui Lembaga Penyiaran Publik. Baik televisi atau radio sehingga masyarakat dapat mengetahuinya serta memperhatikan pula situasi keamanan di daerah dengan berkoordinasi dengan Panwas dan aparat keamanan," ungkap Naafi, Kamis (22/2).

Dengan pertimbangan itu, kata Naafi yang mantan jurnalis ini, tentu KPU Kabupaten Empatlawang ada alasan tersendiri untuk memindahkan lokasi debat.

"Dan pemindahan ini pernah terjadi di salah satu kabupaten di Papua tahun 2016 lalu. Yang debat publiknya dilaksanakan di studio di Jakarta. Lalu disiarkan tunda," ujar Naafi.

Alumnus Fakultas Hukum Unsri ini menyebut, Kota Palembang merupakan salah satu alternatif solusi untuk lokasi yang ideal menurut KPU Empatlawang.

Ia juga menjelaskan, bahwa dalam PKPU 4/2017  sudah diatur metode kampanye selain rapat umum yang dilaksanakan 1 kali dalam pemilihan bupati/wakil bupati juga dapat melaksanakan kampanye pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka dan dialog, penyebaran bahan kampanye.

Kota Palembang merupakan salah satu alternatif solusi untuk lokasi yang ideal menurut KPU Empatlawang.

Ia juga menjelaskan, bahwa dalam PKPU 4/2017

"Dan kegiatan lain yang tidak boleh memberikan doorprize. Sementara untuk menghindari pertemuan antar massa pendukung tentu jadwal dan wilayah dan zona kampanye telah diatur dan ditetapkan oleh KPU," jelasnya. 

Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help