Jangan Panik Motor Mogok Karena Lewati Jalan Banjir. Ini yang Perlu Dilakukan

Seringkali genangan air di jalan membuat motor mogok. Jika itu terjadi anda perlu perlu lakukan hal-hal berikut ini.

Jangan Panik Motor Mogok Karena Lewati Jalan Banjir. Ini yang Perlu Dilakukan
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Beberapa pengendara sepeda motor melintasi jalanan genangan banjir. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Memasuki musim hujan yang tidak menentu, Palembang diguyur hujan deras yang mengakibatkan sebagian wilayah Palembang dan sekitarnya mengalami banjir.

Tidak sedikit para pengguna motor berpotensi mengalami mogok ketika melewati genangan air yang cukup dalam dan tidak dapat diprediksi sebelumnya.

Tri Iwantoro selaku Training Instructur Astra Motor Sumsel menginformasikan beberapa langkah-langkah yang dapat diterapkan para pengguna sepeda motor jika mengalami motor mogok karena terpaksa harus melewati genangan air atau banjir.

Tindakan pertama yang harus dilakukan pengendara motor adalah tidak panik.

"Bawa kendaraan Anda dalam keadaan mesin mati ke daerah yang aman dan tidak tergenang air terlebih dahulu. Dalam kondisi ini, sangat tidak dianjurkan untuk langsung menyalakan mesin motor karena dikhawatirkan dapat merusak mesin motor," ungkap Tri Iwantoro baru-baru ini.

Menurutnya, jika kondisi ini terjadi bagi pengguna sepeda motor matik, maka langkah yang harus dilakukan yaitu buka cover saringan udara terlebih dahulu lalu keringkan, kemudian lakukan kick starter.

Namun jika pada saat dilakukan kick starter terasa keras, jangan terburu-buru untuk menghidupkan motor terlebih, karena ada potensi air sudah masuk ke ruang mesin.

"Kemudian buang air yang sudah terlanjur masuk ke dalam mesin melalui knalpot dengan cara membalikkan motor atau melepas knalpot," ujarnya.

Setelah mengeluarkan air dari dalam knalpot, selanjutnya yang harus dilakukan yaitu membuka busi dan keringkan.

Pada kondisi ini, dipastikan air juga telah masuk ke lubang busi, untuk mengeluarkan air yang terlanjur masuk ke dalam lubang busi, lakukan starter dan lebih disarankan dengan kick starter.

Halaman
12
Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help