Home »

News

» Sains

Pertama Kali di Dunia, Seorang Perempuan Transgender Memproduksi ASI

Beberapa waktu lalu, dokter Tamar Reisman dan perawat Zil Goldstein didatangi oleh seorang perempuan transjender yang menyatakan niatnya

Pertama Kali di Dunia, Seorang Perempuan Transgender Memproduksi ASI
Ist
Ilustrasi.

SRIPOKU.COM - Beberapa waktu lalu, dokter Tamar Reisman dan perawat Zil Goldstein didatangi oleh seorang perempuan transjender yang menyatakan niatnya untuk bisa menyusui bayi yang tengah dikandung pasangannya.

Berita Lainnya:  Usai Foto Intim Bareng Mike Lewis dan Isu Transgender, Lucinta Luna Bikin Geger Karena Hartanya Ini!

Perempuan transjender itu berkonsultasi kepada Reisman dan Goldstein agar diberikan tindakan medis supaya sang anak nanti bisa mendapatkan air susu dari payudaranya. Sebab, sang pasangan menolak menyusui anak yang akan lahir kelak.

Seperti yang dilansir dari New Scientist pada Rabu (14/2/2018), perempuan transjender tersebut akhirnya berhasil menyusui anaknya.

Kejadian tersebut menorehkan sejarah baru dalam dunia medis karena dia menjadi transjender pertama yang langsung memberikan susu kepada sang anak dari payudaranya.

Selama enam pekan, perempuan transjender berusia 30 tahun itu mampu memproduksi ASI sebanyak 227 gram perhari, kendati awalnya ASI yang keluar hanya setetes demi setetes.

“Ini pertama kalinya ada seorang wanita transgender yang bisa menyusui, yang dilaporkan dalam literature medis," kata Reisman dan Goldstein seperti yang dikutip dari New Scientist pada Rabu (14/2/2018),

Reisman dan Goldstein tetap mengkhawatirkan pertumbuhan sang anak. Pasalnya, bayi tersebut seharusnya menerima 500 gram ASI per hari ketika telah mencapai usia lima hari. Setelah enam minggu, bayi kemudian disuplai dengan asupan susu formula.

Pemberian obat mual yang dikenal dengan nama domperidone dianggap mampu memacu keluarnya ASI dari payudara perempuan transjender tersebut. Obat ini terpaksa diberikan karena hormon perangsang ASI alami, yakni prolaktin, tidak tersedia versi buatannya.

Tiga bulan sebelum bayinya lahir, perempuan transjender tersebut gencar meminum domperidone. Payudaranya juga dipompa setiap lima menit untuk melancarkan produksi ASI.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help