Festival Pelang Kenidai Lestarikan Budaya Besemah

Pada Festival Pelang Kenidai ini dipamerkan berbagai karya seni masyarakat, seperti seni kriya akar bambu, seni cukilan kayu

Festival Pelang Kenidai Lestarikan Budaya Besemah
DOK Humas Diskominfo Kota Pagar Alam
Walikota Pagaralam Hj Ida Fitriati menghadiri Festival Pelang Kenidai yang digelar komunitas anak-anak muda yang tergabung dalam Besemah Heritage, pada 29 – 31 Desember 2017. 

Dalam rangka melestarikan kembali budaya Besemah Kota Pagar Alam, komunitas anak-anak muda yang tergabung dalam Besemah Heritage, menggelar Festival Pelang Kenidai pada 29-31 Desember 2017.

Kegiatan ini dipusatkan di Dusun Pelang Kenidai, Kecamatan Dempo Tengah, salah satu dusun tua yang terdapat cerita si Pahit Lidah dan Serunting Sakti, serta masih mewarisi nilai-nilai budaya yang terjaga hingga saat ini.

Pada Festival Pelang Kenidai ini dipamerkan berbagai karya seni masyarakat, seperti seni kriya akar bambu, seni cukilan kayu dan kerajinan tangan lainnya.

Komunitas anak-anak muda yang tergabung dalam Besemah Heritage, menggelar Festival Pelang Kenidai pada 29 – 31 Desember 2017.
Komunitas anak-anak muda yang tergabung dalam Besemah Heritage, menggelar Festival Pelang Kenidai pada 29 – 31 Desember 2017. (DOK Humas Diskominfo Kota Pagar Alam)

Dipertunjukan pula berbagai peralatan mengolah kopi tradisional seperti tungku, wajan, lesung, dan lain-lain termasuk atraksi cara menggunakannya.

Pada festival ini juga dipamerkan pula berbagai kuliner tradisional masyarakat Besemah lengkap dengan cara memasaknya.

Untuk diketahui, Dusun Pelang Kenidai memiliki 40 unit Ghumah Baghi (rumah tua) dengan ukiran khas Besemah.

Selain itu, asal muasal Tari Kebagh juga berasal dari Dusun Pelang Kenidai.

Untuk kuliner khas Besemah juga dapat dijumpai seperti ikan masak ghuas, dodol, lemang, ngiroh kawe atau memasak kopi secara tradisional dan diolah dengan cara ditumbuk lesung, pantauan, mbubos paok juga menjadi budaya di sini.

Walikota Pagaralam Hj Ida Fitriati menghadiri Festival Pelang Kenidai yang digelar komunitas anak-anak muda yang tergabung dalam Besemah Heritage, pada 29 – 31 Desember 2017.
Walikota Pagaralam Hj Ida Fitriati menghadiri Festival Pelang Kenidai yang digelar komunitas anak-anak muda yang tergabung dalam Besemah Heritage, pada 29 – 31 Desember 2017. (Dok Humas Diskominfo Kota Pagar Alam)

Walikota Ida Fitriati yang datang bersama Kapolres AKBP Dwi Hartono SIK, menyatakan, budaya Besemah yang berasal dari Dusun Pelang Kenidai sangat menginspirasi masyarakat Kota Pagar Alam untuk terus melestarikan budaya asli Besemah.

Walikota berharap masyarakat Pelang Kenidai dan Kota Pagar Alam untuk terus menjaga dan mempertahankan budaya Besemah seperti yang ditampilkan pada Festival Pelang Kenidai ini.

Kedepan Walikota meminta Festival Pelang Kenidai dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya, sehingga dapat menarik wisatawan untuk berkunjung menyaksikan langsung kebudayaan Besemah pada Festival Pelang Kenidai. (Humas Diskominfo Kota Pagar Alam)

Editor: Sudarwan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help