Bupati Muratara Beri Solusi, Masalah SAD Nibung Dituntaskan

Pihak Pemkab Muratara menyiapkan lahan pengganti untuk masyarakat SAD dan dibangunkan lahan plasma perkebunan kepala sawit.

Bupati Muratara Beri Solusi, Masalah SAD Nibung Dituntaskan
SRIPOKU.COM/AHMAD FAROZI
Bupati Muratara Syarif Hidayat saat mengikuti rapat pembahasan sengketa lahan SAD dengan PT Lonsum di Komisi IV DPR-RI, Senin (12/2/2018). 

Laporan wartawan Sriwijaya Post, Ahmad Farozi

SRIPOKU.COM, MURATARA - Pemkab Muratara memberikan solusi terhadap permasalahan Suku Anak Dalam (SAD) Kecamatan Nibung yang bersengketa dengan PT PP London Sumatera terkait lahan seluas 1.400 hektar.

Pihak Pemkab Muratara menyiapkan lahan pengganti untuk masyarakat SAD dan dibangunkan lahan plasma perkebunan kepala sawit.

Bupati Muratara Syarif Hidayat menegaskan, terkait persoalan tersebut, pihaknya sudah rapat internal bersama kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan instansi terkait serta berkomunikasi dengan PT Lonsum.

Sehingga, ada keseriusan dalam menyelesaikan sengketa tanah SAD.

"Hak rakyat harus dikembalikan. Kita siapkan lahan 1.400 hektar tersebut dengan dua alternatif nantinya.

Selain itu adanya biaya jaminan hidup sesuai dengan kesepakatan yang ada dan terakhir lonsum sanggup Rp300 ribu, untuk masyarakat SAD," tegas Syarif Hidayat, saat mengikuti rapat dengar pendapat membahas tindak lanjut permasalahan hutan adat dan areal perkebunan SAD Sumsel di ruang rapat Komisi IV DPR RI (KK IV), Senin (12/2/2018).

Untuk teknisnya kata Syarif Hidayat, pihaknya meminta waktu enam bulan dalam menyelesaikan permasalahan tanah tersebut.

Tentunya laporan untuk progresnya akan terus dikomunikasikan dengan Komisi IV DPR RI.

"Usaha penyelesaian ini bentuk peduli dan sayangnya Pemkab Muratara terhadap warganya. Sehingga, ada solusi terbaik untuk menyelesaikan permasalahan," katanya.

Halaman
123
Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved