Pemerintah Kabupaten Muaraenim Subsidi Berobat Warga Miskin yang Belum Masuk BPJS

Pemkab Muaraenim mengambil kebijakan dengan mensubsidinya untuk berobat melalui APBD Kabupaten Muaraenim tahun 2018.

Pemerintah Kabupaten Muaraenim Subsidi Berobat Warga Miskin yang Belum Masuk BPJS
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
DR Ir Abdul Najib MM : Kepala Bappeda Muaraenim

SRIPOKU.COM, MUARAENIM - Karena masih ada warga Kabupaten Muaraenim yang miskin belum tercover oleh BPJS Kesehatan, Pemkab Muaraenim mensubsidi 1600 warga miskin berobat gratis.

"Itu hanya berlaku satu kali, setelah itu mereka bayar sendiri," kata Kepala Bappeda Muaraenim DR Ir H Abdul Najib MM, disela-sela rapat koordinasi antar OPD di ruang Pangripta Sriwijaya Beppeda Muaraenim, Senin (12/2/2018).

Menurut Najib, pada tahun 2018, Pemkab Muaraenim memang belum menandatangani MoU Program Jamsoskes Sumsel Semesta seperti yang dilaksanakan empat tahun sebelumnya.

Permasalahannya karena pada tahun 2017, Pemkab Muaraenim sedang melakukan proses berintegrasi peserta Jamsoskes Semesta menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Untuk masa transisi ini, Pemkab Muaraenim masih menyiapkan anggaran untuk kesehatan di Dinkes Muaraenim sebesar Rp 2 miliar untuk mengakomodir 1600 masyarakat yang berobat menggunakan KK dan KTP tersebut.

"Bupati Muaraenim telah mengeluarkan edaran kepada Camat dan Puskesmas bahwa tahun 2018 kita tidak lagi berobat menggunakan KK dan KTP untuk Jamsoskes Semesta tetapi mulai mendaptarkan diri ke BPJS Kesehatan," ujarnya.

Dikatakan Najib, kondisi sekarang masyarakat Kabupaten Muaraenim yang sudah terdaftar di BPJS Kesehatan dibiayai oleh APBN sekitar 209 ribu jiwa.

Namun dari data Dinsos Muaraenim, ternyata ada sekitar 1600 jiwa lagi yang belum terdaftar di BPJS Kesehatan tersebut.

Karena belum terdaftar, Pemkab Muaraenim mengambil kebijakan dengan mensubsidinya untuk berobat melalui APBD Kabupaten Muaraenim tahun 2018, dan pada tahun 2019 diharapkan sudah diakomodir APBN 2019.

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help