Benarkah Rajin Minum Teh Hijau Bisa Turunkan Kolesterol?

Teh hijau adalah salah satu minuman sehat yang sudah tidak diragukan manfaatnya. Bahkan, teh ini juga didaulat sebagai minuman yang efektif

Benarkah Rajin Minum Teh Hijau Bisa Turunkan Kolesterol?
Livestrong.com
Teh hijau. 

SRIPOKU.COM - Teh hijau adalah salah satu minuman sehat yang sudah tidak diragukan manfaatnya. Bahkan, teh ini juga didaulat sebagai minuman yang efektif membantu menurunkan berat badan.

Berita Lainnya:  6 Hal yang Terjadi Ketika Rutin Minum Teh Hijau

Nah, ada satu lagi manfaat teh hijau yang mungkin tidak banyak orang tahu: obat kolesterol alami. Apa benar rajin minum teh hijau bisa menurunkan kolesterol?

Perlu kita ketahui bahwa kadar lemak tinggi dalam darah (khususnya kolesterol LDL dan trigliserida) berisiko membentuk radikal bebas dalam tubuh, yang bersifat merusak dan memicu berbagai penyakit serius. Salah satunya adalah penyakit jantung.

Kolesterol yang berlebihan dalam tubuh akan menumpuk membentuk plak dalam dinding pembuluh darah jantung. Akibatnya, pembuluh darah akan mengeras dan mengalami penyumbatan. Hal ini dapat menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras untuk dapat memompa aliran darah yang dibutuhkan.

Bila plak semakin lama semakin banyak, maka kerja jantung akan semakin terganggu dan akhirnya dapat mengalami kerusakan.

Orang yang kadar lemak dalam darahnya tinggi berisiko tiga kali lipat untuk terkena serangan jantung ketimbang orang yang memiliki kadar lemak yang normal.

Apa saja penyebab tingginya kadar kolestrol?

Banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan kadar kolestrol dapat meningkat, seperti:
-Mengonsumsi makanan berlemak tinggi, seperti daging berlemak, makanan dengan mentega yang banyak, makanan yang diolah dengan proses penggorengan, mengonsumsi jeroan, udang.
-Merokok.
-Memiliki penyakit lain, seperti darah tinggi dan diabetes.
-Obesitas
-Stress kronis, depresi, serta kurang mendapat dukungan sosial ternyata juga dapat menigkatkan risiko peningkatan kadar kolesterol.

Menguak manfaat teh hijau sebagai obat kolesterol alami

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved