Sepekan Ini Bursa Saham Dunia Melemah, Apa Sebabnya?

Indeks saham global cenderung melemah selama sepekan terakhir. Pelemahan ini terjadi di bursa saham AS, Eropa, hingga Asia termasuk Indonesia

Sepekan Ini Bursa Saham Dunia Melemah, Apa Sebabnya?
http://ekonomi.kompas.com/
Ilustrasi - Pergerakan saham melemah. (thikstockphotos) 

SRIPOKU.COM , LONDON - Indeks saham global cenderung melemah selama sepekan terakhir. Pelemahan ini terjadi di bursa saham AS, Eropa, hingga Asia termasuk Indonesia, dipicu banjir aksi jual oleh para investor.

Berita Lainnya:  Setelah Rontok, Bursa Saham AS Arah menguat Signifikan

Lalu, apa sebenarnya penyebab melemahnya indeks saham global tersebut?

Mengutip The Guardian, Kamis (8/2/2018), dalam beberapa pekan terakhir, para ekonom dan analis telah memperingatkan bahwa level inflasi di sejumlah negara maju meningkat pada tahun ini, hingga berada pada kisaran 2-3 persen.

Oleh sebab itu, bank-bank sentral meyakini hal ini baik bagi negara-negara maju.

Meskipun demikian, pada akhir pekan tersebut, kekhawatiran berbalik setelah dirilisnya data ekonomi AS yang menunjukkan rata-rata upah di AS naik hingga 2,9 persen.

Peningkatan pada data ekonomi tersebut menimbulkan kekhawatiran bahwa harga-harga akan segera naik.

Kenaikan harga-harga tersebut akan mendorong bank sentral AS Federal Reserve menaikkan suku bunga acuan Fed Fund Rate (FFR) untuk menenangkan perekonomian.

Jika The Fed menaikkan suku bunga acuan, investor dibuat khawatir dengan kemungkinan berakhirnya era dana murah. Ketika terjadi era tersebut, konsumen dan perusahaan didorong untuk belanja.

Seperti diketahui, dalam beberapa bulan terakhir beberapa anggota The Fed telah bergumul dalam argumen bahwa 3 kali kenaikan suku bunga acuan yang ditargetkan dilakukan pada tahun ini dapat dinaikkan menjadi 5 kali.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help