Manfaat dan khasiat Kopi

Bagaimana Cara Agar Kopi Bermanfaat Bagi Tubuh

Meski sudah sering ada studi yang memperlajari atau mendiskusikan manfaat, khasiat atau efek dari minum kopi

Bagaimana Cara Agar Kopi Bermanfaat Bagi Tubuh
kopi 

Bagaimana Cara Agar Kopi Bermanfaat Bagi Tubuh

SRIPOKU.COM -- Meski sudah sering ada studi yang memperlajari atau mendiskusikan manfaat, khasiat atau efek dari minum kopi, ternyata lebih banyak manfaat dan khasiat dari mudharatnya.

Seperti efek kopi terhadap kesehatan masih saja terus jadi bahan perdebatan seperti efek kopi terhadap hipertensi, misalnya.

Satu studi mengatakan bermafaat dan baik bagi kesehatan sedangkan studi lainnya berkata tidak baik.

Terbaru, sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari University of Southampton, Inggris dan University of Edinburgh, Skotlandia, menemukan bahwa minum kopi sampai tujuh gelas setiap hari justru dapat mengurangi risiko kematian dini.

Jawaban untuk semua itu, seakan menyelesaikan perdebatan ini.

Giuseppe Grosso selaku pakar epidemiologi nutrisi dari University of Catania, Italia dan timnya pernah mempelajari 127 meta-analisis independen yang menyelidiki efek kesehatan dari kopi.

Beberapa dari studi ini juga melakukan uji coba secara acak, tetapi mayoritas menggunakan metode observasi terhadap kebiasaan mengonsumsi kopi dan kafein.

Tim peneliti dari University of Catania kemudian menilai kekuatan studi dan konklusi menggunakan skala, dari “Meyakinkan” ke “Terbatas”.

Dipublikasikan dalam Annual Review of Nutrition, tim peneliti berkata bahwa tidak ada satu pun studi yang menunjukkan bukti pada tingkat “Meyakinkan”.

Namun, beberapa yang menyatakan bahwa kebiasaan minum kopi dapat mengurangi risiko kanker antara 2 sampai 20 persen tergantung dari jenis kankernya dinilai “Memungkinkan”.

Halaman
1234
Penulis: Salman Rasyidin
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved