SriwijayaPost/

Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Prioritas 2018 Pemkab Musirawas, FKPD dan Masyarakat

Khusus di Kabupaten Musirawas, kata Hendra Gunawan, pihaknya secara intens melakukan koordinasi dengan seluruh pihak.

Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Prioritas 2018 Pemkab Musirawas, FKPD dan Masyarakat
SRIPOKU.COM/AHMAD FAROZI, HANDOUT
Bupati Musirawas Hendra Gunawan (tengah), Dandim 0406 Letkol Kav Dodi Syamsurizal (kanan) dan Kapolres Musirawas AKBP Bayu Dewantoro, foto bersama usai mengikuti rakornas penanganan karhutla di istana negara, Selasa (6/2/2018). 

Laporan wartawan Sriwijaya Post, Ahmad Farozi

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - Bupati Musirawas Hendra Gunawan menyatakan, Pemkab Musirawas bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan masyarakat Musirawas akan memprioritaskan gerakan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada tahun 2018 ini.

Komitmen ini disampaikan Hendra Gunawan setelah mengikuti rakornas pencegahan karhutla tahun 2018 di istana negara yang dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo, Selasa (6/2/2018).

Hadir dalam rakornas ini wakil presiden, menteri kabinet, TNI-Polri dan jajaran, 13 gubernur dan 70 bupati/walikota.

Dikatakan, pencegahan karhutla sangat penting.

Selain sebagai bentuk peyelamatan terhadap keberlangsungan hutan, lingkungan hidup dan dampak asap bagi kesehatan, juga untuk menyambut dan mendukung pelaksanaan Asian Games 2018 yang difokuskan di Palembang dan DKI Jakarta.

Khusus di Kabupaten Musirawas, kata Hendra Gunawan, pihaknya secara intens melakukan koordinasi dengan seluruh pihak.

Baik TNI (Dandim 0406 Mura), Polri (Kapolres Musirawas), kecamatan bahkan hingga ke perangkat desa, untuk terus memantau titik api (hotspot).

Pihaknya juga terus mendorong perangkat desa dan masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan serta memanfaatkan lahan kosong agar dihijaukan dengan cara ditanam dengan tanaman yang produktif dan bermanfaat.

Selain sosialisasi, pihaknya juga telah mengefektifkan tim penanganan karhutla dibawah komando Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Satpol PP dan Kebakaran untuk selalu siaga jika terjadi bencana kebakaran di wilayah Kabupaten Musirawas dan sekitarnya.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help