Kelola Taksi Online di Sumsel, Lima Koperasi Ajukan Izin

Per 1 Februari 2018 Peraturan Menteri Perhubungan 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Sewa Khusus mulai diterapkan.

Kelola Taksi Online di Sumsel, Lima Koperasi Ajukan Izin
Internet
Ilustrasi - Taksi Online. 

SRIPOKU.COM , PALEMBANG - Per 1 Februari 2018 Peraturan Menteri Perhubungan 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Sewa Khusus mulai diterapkan. Menyikapi itu, Pemerintah Sumsel telah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 2 Tahun 2018 sebagai dasar hukum pelaksanaan sekaligus pengawasan taksi online yang ada di Provinsi Sumsel.

Berita Lainnya:  1 Februari Pergub Sumsel Mobil Sewa Khusus Diterapkan, Ini Kata Driver Taksi Online

Namun menjelang pelaksanaan aturan tersebut, tercatat baru lima koperasi yang telah mengajukan izin. Izin tersebut diterima oleh Dinas Perhubungan Sumsel melalui laporan dari Badan Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (BP3MD) Sumsel.

"Sampai sekarang data yang kita terima dari badan perizinan satu pintu baru lima koperasi yang mengajukan izin," kata Kasi Angkutan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumsel, Fansuri, Senin (29/1) saat dihubungi.

Fansuri mengatakan, pada Pergub tersebut di Bab VII mengenai pengusahaan angkutan, bagian satu pada Pasal 8 dituliskan

untuk menyelenggarakan angkutan sewa khusus wajib memiliki izin

Penyelenggaraan Angkutan Sewa Orang dengan Kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek atau izin penyelenggaraan angkutan sewa

Khusus sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sementara pada Pasal 9 ayat (1) Perusahaan angkutan sewa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 ayat (1), harus berbentuk badan hukum Indonesia sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Badan hukum Indonesia sebagaimana dimaksud pada ayat (1), berbentuk, badan usaha milik negara, Badan usaha milik daerah dan perseroan terbatas serta koperasi.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved