SriwijayaPost/
Home »

Video

News Video Sripo

Warga Kalidoni Sulap Sampah Jadi BBM Begini Caranya

Nampaknya permasalahan sampah yang dialami kota Palembang akhir-akhir ini akan segara teratasi. Dengan bermodalkan

Laporan Wartawan Sriwijaya Post, Haris Widodo

PALEMBANG, SRIPO -- Nampaknya permasalahan sampah yang dialami kota Palembang akhir-akhir ini akan segara teratasi. Dengan bermodalkan ide kratif dari camat, maka sampah-sampahnya  nanti akan berubah menjadi sesuatu yang bermanfaat.

“Sampah dari warga nantinya akan dikelolah menjadi pupuk organik dan plastiknya akan dijadikan bahan bakar,”ujarnya  camat Kalidoni, Ari Wijaya saat dihubungi Sripo, Jum’at(26/1).

Ia mengatakan berangkat dari permasalahan sampah yang banyak terbengkalai di wilayah Kalidoni, ia mengubah tempat pembuangan sampah yang dulu kumuh ini  menjadi tempat pengelolahan sampah atau insatalasi 3R (Reuse, Reduse, Recyle) yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Ia menjelaskan Instalasi 3R baru tahap pembangunan yang berada  di jalan Urip Sumaharjo, Kecematan Kalidoni pada 24 Desember 2017 dengan dana  sebesar 150 juta, yang dibantu oleh dari walikota Palembang.

Tidak hanya pengelolahan sampah , tapi disini juga akan dibuat tempat produksi batu bata.

Rencananya Instaslasi 3R ini akan diresmikan 10 februari 2018 oleh walikota Palembang Harnojoryo. Ia mengklaim Instalasi 3R ini baru ada di kawasan Kalidoni dan belum ada didaerah lain.  

Sementara itu, Kepala Pengengelolah 3R Mustakim mengatakan secara sistematis, nantinya sampah yang dibuang oleh masyarakat akan dipilih terlebih dahulu seperti sisa makanan, sayuran, kulit pisang dan sebagainya yang bisa dijadikan pupuk organic.

Sedangkan kantong plastik yang selama ini susah untuk diurai maka, plastic tersebut akan dikelolah menjadi bahan bakar seperti Premium, solar dan sebagainya.

Penulis: Haris Widodo
Editor: Igun Bagus Saputra
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help