Modifikasi Mobil

Industri Mobil Modifikasi Indonesia Berpotensi Besar

Apresiasi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan dunia custom baru-baru ini, jadi tonggak baru pembakar semangat industri modifikasi

Industri Mobil Modifikasi Indonesia Berpotensi Besar
od
Ilustrasi - Dua orang wanita duduk di atas siput saat kontes modifikasi mobil di Rajawali Village, Sabtu (18/9/2017). 

SRIPOKU.COM , Jakarta – Apresiasi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan dunia custom baru-baru ini, jadi tonggak baru pembakar semangat industri modifikasi Tanah Air, di mana area ini hampir tak pernah tersentuh sama sekali oleh elit dalam negeri.

Berita Lainnya:  Datsun Indonesia Gelar Workshop Trik Modifikasi di Kota Palembang

Terkait industri custom tersebut, Andre Mulyadi, penggagas asosiasi pemodifikasi dan aftermarket atau National Modificator and Aftermarket Association ( NMAA) mengatakan, Indonesia menyimpan potensi besar untuk mengembangkan sektor tersebut.

Dirinya mengatakan, kalau sumber daya manusia (SDM) punya kemampuan yang mumpuni, tak kalah dengan yang ada di luar negeri. Lebih dari itu, jika produksi dilakukan di dalam negeri, biayanya juga bisa jauh lebih murah dengan standar kualitas global, sehingga mampu bersaing.

“Kita di sini memiliki SDM kreatif dan bahan lebih murah ketimbang di Jepang misalnya. Jadi dengan potensi itu, jika kita sudah memenuhi standardisasi dan semuanya benar, harga jualnya pasti 50 persen lebih murah. Lebih dari itu, kita punya kekuatan market yang cukup besar,” ucap Andre, Kamis (25/1/2018).

Modifikasi Daihatsu di Balikpapan.(Istimewa)

“Sebagai contoh di Jepang, mereka jual bodi kit dengan harga Rp 160 juta, sementara kita bisa membuat desain dan standar yang sama hanya dengan banderol Rp 38 jutaan,” tutur Andre.

Andre menambahkan, untuk itu perlu upaya menyadarkan melalui edukasi untuk pasar dalam negeri. Nantinya ketika sudah kuat di sini, industrinya akan ikut berkembang.

“Potensi itu yang harus diedukasi, makanya kami dari NMAA gencar membuat workshop untuk market itu. Caranya kami edukasi ke bengkel-bengkel, atau kolaborasi dengan Agen Pemegang Merek (APM),” ucap Andre.

Penulis: Ghulam Muhammad Nayazri

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs http://otomotif.kompas.com/ dengan Judul:
Industri Modifikasi Indonesia Simpan Potensi Besar

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help