Over Kapasitas, Polres Muaraenim Kontrol Kondisi Lapas Kelas IIB Muaraenim

Jumlah total warga binaan sebanyak 1077 orang yang terdiri dari Narapidana 516 orang dan tahanan 561 orang.

Over Kapasitas, Polres Muaraenim Kontrol Kondisi Lapas Kelas IIB Muaraenim
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Tampak beberapa petugas Polres Muaraenim secara rutin melakukan pengecekan dan patroli ke Lapas Kelas IIB Muaraenim. 

SRIPOKU.COM, MUARAENIM - Untuk mengantisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Polres Muaraenim melakukan pengecekan dan pengontrolan secara rutin Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Kelas II B Muaraenim, Jumat (12/1/2018).

"Kita rutin lakukan pengecekan dan kontrol ini. Lebih baik sedia payung sebelum hujan," kata Kapolres Muaraenim AKBP Leo Andi Gunawan didampingi Kanit Patroli Sat Sabhara Iptu Bambang Wahyudi dan Kasubag Humas AKP Arsyad Agus.

Menurut Kapolres Muaraenim, adapun maksud dan tujuannya dilakukan pengecekan dan pengontrolan rutin tersebut adalah untuk antisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti tahanan kabur, berkelahi dan sebagainya.

Dengan sering dilakukan kontrol tersebut setidaknya mengurangi atau mempersempit gerak Napi dan Tahanan untuk berbuat hal-hal yang negatif.

"Jadi kita bukan saja melakukan pengecekan saja, kita juga melakukan dialog dengan warga binaan sehingga jika ada permasalahan cepat diatasi," katanya.

Dari hasil pengecekan, kata Kapolres, jumlah total warga binaan sebanyak 1077 orang yang terdiri dari Narapidana 516 orang dan tahanan 561 orang.

Sedangkan kapasitas warga binaan Lapas Kelas II B Muaraenim 660 orang, jadi terjadi over kapasitas yang bisa saja menjadi pemicu kerawanan.

"Jika over semuanya akan rawan seperti tempat, air dan lain-lain. Untuk itu perlu pendekatan dialogis dengan warga binaan," ujarnya.

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help