Vaksin Massal Dinkes Kota Palembang Diundur dan Dilaksanakan Serentak Kamis Tanggal 18 Januari

Pemberian Vaksin massal difteri secara gratis yang rencananya dilakukan oleh Dinas Kesehatan, Kamis (11/01) diundur.

Vaksin Massal Dinkes Kota Palembang Diundur dan Dilaksanakan Serentak Kamis  Tanggal 18 Januari
SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Palembang, dr Letizia 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pemberian Vaksin massal difteri secara gratis yang rencananya dilakukan oleh Dinas Kesehatan, Kamis (11/01) diundur.

Dinkes telah memastikan akan melaksanakan kegiatan itu pada waktu berbeda tepatnya, Kamis (18/01).

Peluncuran vaksin massal akan dilaksanakan serentak di seluruh posko yang disediakan oleh Dinkes Kota Palembang bersamaan dengan Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk Demam Berdarah (GERTAK PSN DBD).

Dr. Letizia, Kadinkes Kota Palembang saat dibincangi melalui telepon menggatakan, akan melakukan suntik difteri secara bersamaan dengan GERTAK PSN DBD sekalian sosialisasi demam berdarah.

"untuk vaksin difteri sudah dilakukan seminggu yang lalu di puskesmas, tetapi untuk vaksin massalnya kita akan launching tanggal 18 ini,"jelasnya.

Vaksin massal akan dilakukan tiga putaran dengan jarak antara dosis pertama-kedua satu bulan dan antara dosis kedua-ketiga enam bulan.

"jadi untuk putaran pertama akan dilakukan pada bulan Januari sampai februari, putaran kedua maret sampai april dan untuk putaran ketiga akan dilakukan pada bulan September,"ucapnya.

Pihaknya menghimbau untuk mengajak semua orang tua agar membawa anaknya segera melakukan vaksin difteri yang telah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Palembang.

"Untuk dosis vaksin kita sesuaikan dengan umur anak tersebut, anak yang berumur dibawah lima tahun akan diberikan vaksin DPT HB-Hib, usia lima tahun hingga kurang dari tujuh tahun diberi imunisasi DT dan imunisai Td untuk anak usia 7 tahun hingga kurang dari 19 tahun,"ujarnya.

Letizia, akan terus memantau setiap posko yang melakukan vaksin difteri dan akan terus menyosialisasikan itu kepada seluruh lapisan masyarakat.(mg4)

Penulis: Wahyu Kurniawan
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help